Jumat, 09 Desember 2022
Perguruan Tinggi

TINGKATKAN POTENSI ANALIS KEBIJAKAN KEMENAG: BIRO PERENCANAAN GELAR BIMTEK KARYA TULIS ILMIAH DI UIN BANDUNG

<strong>TINGKATKAN POTENSI ANALIS KEBIJAKAN KEMENAG: BIRO PERENCANAAN GELAR BIMTEK KARYA TULIS ILMIAH DI UIN BANDUNG</strong>

(UINSGD.AC.ID)-Sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderel Kementerian Agama Nomor B.133 Tahun 2021 tentang Penetapan Unit Pengelola Jabatan Fungsional (Jafung) di Lingkungan Kementerian Agama, selain Jafung Perencana dan Analis Anggaran, Biro perencanaan menjadi pengelola Jafung Analis Kebijakan. Untuk itu, Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal sangat berkepentingan dalam mengoptimalkan peran Analis Kebijakan pada setiap unit di lingkungan Kementerian Agama.

Upaya penguatan dan peningkatan kompetensi setiap Jafung Analis Kebijakan yang dilakukan oleh Biro Perencanaan merupakan daya dorong untuk menciptakan proses deliberative dalam proses kebijakan. Disisi lain, proses pengembangan dan peningkatan kemampuan Jafung Analis Kebijakan harus dilakukan secara bersama dan berkesinambungan oleh setiap elemen dan satuan kerja seiring dengan dinamisnya perubahan-perubahan dalam lingkungan kebijakan yang didorong oleh pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk mendorong peningkatan kompetensi analis kebijakan Kementerian Agama, kepala Biro Perencanaan dan juga Pembina pada Jabatan Fungsional Analis Kebijakan Kementerian Agama menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan di Gedung O. Djauharuddin AR UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Selasa (15/11/2022).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor II Prof. Dr. H. Tedi Priatna., M.Ag Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, membuka secara resmi acara Bimbingan Teknis Karya Tulis bagi Jabatan Fungsional Analis Kebijakan Kementerian Agama. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan Bimbingan Karya Tulis Ilmiah bagi Jabatan Fungsional Analis Kebijakan Kementerian Agama. Biasannya kegiatan seperti ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi publikasi karya tulis ilmiah dikalangan akademisi seperti dosen dan mahasiswa, namun istimewanya kegiatan ini diikuti oleh teman-teman analis kebijakan Kementerian Agama,” tegasnya.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung, “mengucapkan terimakasih atas kepercayaannya untuk menjadi tuan rumah kegiatan ini, rumah jurnal UIN SGD Bandung tidak hanya memberikan materi dan teori, kami juga akan menampung artikel Bapak/Ibu yang akan diterbitkan jurnal di lingkungan UIN SGD Bandung,” ungkapnya.

Ikut hadir juga Dr Ridwan Koordinator Kebijakan Evaluasi Program Sekretariat Jenderal Kementerian Agama, bahwa para analis kebijakan harus pandai membagi waktu, khususnya untuk peningkatkan karirnya, seorang analis kebijakan tidak hanya dapat menganalisis suatu permasalahan namun juga dapat membuat karya tulis ilmiah jurnal dan dapat menerbitkan karya tulis ilmiahnya dibeberapa jurnal, seperti jurnal yang kita miliki JAKA: Jurnal Analisis Kementerian Agama.

Dalam kegiatan ini juga didampingi oleh tim rumah jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan juga sebagai narasumber pada kegiata ini. Salah satunya ada Busro, M.Ag yang menyampaikan tentang wawasan artikel jurnal ilmiah dan indexsasinya. Narasumber kedua Dian Sa’adillah Maylawati, MT yang menyampaikan struktur penulisan artikel jurnal mulai dari memodifikasi sampai dapat terbit dibeberapa jurnal yang bereputasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Analis Kebijakan pada unis eselon I dan beberapa Wilayah seperti AK Kanwil Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Jayapura, Palembang, Jawa Barat dan wilayah lainnya.

Kegiatan Bimbingan Teknis Karya Tulis Ilmiah ditutup oleh Kepala Biro AUPK UIN Sunan Gunung Djati Bandung Dr. Imam Syafi’i yang menyampaikan “rasa terimakasih UIN SGD sudah diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah Bimtek KTI bagi JFAK Kementerian Agama, semoga adannya Bimtek KTI dapat memotivasi laju menulis dan publikasi bagi JFAK dilingkungan Kementerian Agama,” pungkasnya.