Minggu, 27 November 2022
Perguruan Tinggi

Kolaborasi LP3M UNJ dengan PUI Gentra Waste Management, KPM dan BEM se-UNJ dalam Project Independent Green Campus

Kolaborasi LP3M UNJ dengan PUI Gentra Waste Management, KPM dan BEM se-UNJ dalam Project Independent Green Campus

Humas UNJ, Jakarta-Green Campus merupakan gambaran sebuah kampus hijau yang menerapkan efisiensi energi yang rendah emisi, konservasi sumber daya dan meningkatkan kualitas lingkungan yang bersih dari sampah, dengan mendidik warganya untuk menjalankan pola hidup sehat dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif secara berkelanjutan.

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Jakarta (LP3M UNJ) melalui Pusat PKL melaksanakan Project Independent Green Campus sebagai bagian dari 8 Program MBKM, yaitu berkolaborasi dengan Gentra Waste Management (Pusat Unggulan Ipteks Teknologi Pengolahan Sampah LPPM UNJ), Kelompok Muda Peneliti UNJ (KPM-UNJ), BEM Universitas, Fakultas dan Prodi se UNJ.  Project Independent ini nantinya dilaksanakan di Semester 118 untuk diikuti oleh 20 mahasiswa untuk tahap awal.

Hadir pada kegiatan ini pengurus LP3M UNJ, Vania Zulfa selaku Ketua PIC Project Independent Program MBKM UNJ, Ketua KPM, Ketua BEM Universitas, Fakultas, Program Studi dilingkungan UNJ dan Peserta mata kuliah Inovasi Teknologi Mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin UNJ.

Dalam sesi acara, penyampaian materi diawali oleh Prof. Budiaman yang menyampaikan materi mengenai “Green Campus berbasis Pendidikan Lingkungan”. Selanjutnya materi kedua dan ketiga narasumber dari Gentra Waste Management yang menyampaikan materi mengenai “Implementasi Program Zero Waste Campus” oleh Syamsul Abbas Ras dan materi “Waste Management Campus Ramah Lingkungan” oleh Daswir Lelo. Acara ini dimoderatori oleh Oot Hotimah yang merupakan dosen Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNJ. Kemudian pada sesi acara terakhir dilakukan penandatanganan pernyataan komitmen oleh Ketua KPM, Ketua BEM UNJ, BEM Fakultas dan Program Studi dilingkungan UNJ yang berkomitmen untuk mewujudkan Zero Waste di lingkungan kampus UNJ pada tahun 2023.

Ahmad Syauqi Baihaqi selaku Ketua BEM UNJ pada kesempatan acara mengungkapkan bahwa mahasiswa memiliki visi yang besar untuk UNJ ke depan dan hari ini kita sama-sama memulai untuk mewujudkan visi besar itu. Pelaksanaan loka karya ini adalah momentum semangat sekaligus pernyataan komitmen kita bersama untuk saling berkolaborasi menuju UNJ sebagai Green Campus, bukan hanya karena hijau almamaternya, namun juga hijau karena peduli terhadap lingkungannya, ungkap Ahmad Syauqi Baihaqi.

Aam Amaningsih Jumhur menutup selaku Koorpus PKL LP3M UNJ mengatakan bahwa komitmen mewujudkan Zero Waste di semua kampus UNJ pada tahun 2023 oleh BEM UNJ, BEM Fakultas, BEM Prodi dan Kelompok Peneliti Mudah (KPM) sebagai implementasi dari budaya unggul yang menjadi ciri karakter seluruh warga UNJ yang berwawasan lingkungan serta peduli pada kualitas generasi yang akan datang, ungkap Aam Amaningsih Jumhur.

Sementara itu, Prof. Budiaman selaku Sekretaris LP3M UNJ yang mewakili Ketua LP3M UNJ dalam sambutan pembukaan acara Loka karya Project Independent Program MBKM menyampaikan bahwa Green Campus harus dapat meningkatkan kualitas lingkungan dengan mendidik warganya untuk menjalankan pola hidup sehat, basis Pendidikan Lingkungan menjadi ciri khas UNJ dalam melaksanakan program Green Campus, ungkap Prof. Budiaman.

Pada kesempatan yang sama, Abdul Sukur selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ yang diwakili oleh Taryudi selaku staf pengembang dalam sambutannya mengatakan bahwa kami sangat mengapresiasi kegiatan Lokakarya Green Campus yang diselenggarakan oleh LP3M UNJ dengan menghadirkan para pakar dibidangnya sebagai narasumber dan diikuti oleh perwakilan dari BEM se-UNJ dan juga KPM UNJ. Kegiatan ini juga sejalan dengan tujuan SGDs No. 6 dan juga program MBKM Kemendikbudristek yang tertuang pada Permendikbud No. 3 tahun 2020. Semoga program Green Campus ini menjadi Best Practice dan diterapkan secara berkelanjutan oleh seluruh sivitas akademika UNJ, ungkap Tarjudi.

kontributor: Tim LP3M UNJ