Minggu, 27 November 2022
Perguruan Tinggi

 Untirta Sosialisasikan PMB di ‘Edu Fair 2022’ SMAN 3 Kab. Tangerang,

 Untirta Sosialisasikan PMB di ‘Edu Fair 2022’ SMAN 3 Kab. Tangerang,

Rabu,(16/11/2022)- Untirta memberikan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2022 kepada para siswa SMAN 3 Kab. Tangerang  secara daring di acara “Edu Fair 2022” dengan tema ‘Meraih Cita-cita Menuju Masa Depan Sukses  Berprestasi’ dengan diikuti pula di hari dan waktu yang sama dari beberapa perguruan tinggi lainnya.

Drs. Yahman koordinator guru BK/BP menyampaikan profil sekolah. Apresiasi dan terimakasih atas kehadiran Tim dari Untirta. “Banyak sekali anak kami yang berprestasi, semoga dapat diterima lewat di jalur masuk yang ada”, Ia juga menyampaikan bahwa putra daerah banten khususnya siswa SMAN 3 Kab. Tangerang  sangat antusias untuk masuk kuliah di perguruan tinggi negeri.” ujarnya

Koordinator Kerjasama, Humas dan dan Protokol sekaligus sebagai Koordinator Sospro Untirta Veronika Dian Faradisa, S.E., M.M.,  menyampaikan selayang pandang berikut informasi PMB dan menjalankan sosialisasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Untirta sebagai perguruan tinggi negeri yang tergolong muda sudah memiliki capaian prestasi baik di tingkat nasional dan internasional, ini yang patut disyukuri”, ujarnya.

Dian menambahkan bahwa peminatan Untirta terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga pendaftar diminta untuk serius dan bersungguh-sungguh mempersiapkan diri mengikuti tahapan penerimaan mahasiswa baru. Akan tetapi informasi dan materi yang kami dapat belum lengkap atau detail terkait prosedur dan tatacara pendaftaran dari pusat yang awalnya  Lembaga Tes  Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang sekarang digantikan oleh Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). “ungkapnya.

Semakin tahun, semakin meningkat peminatan ke Untirta, sehingga para siswa harus mempersiapkan diri secara maksimal pada proses penerimaan mahasiswa baru yang akan ditempuh di semua jalur semoga mendapat hasil yang terbaik,” ujarnya. Ia menambahkan pada sesi tanya jawab bahwa Untirta sebagai PTN sudah banyak diminati oleh siswa yang berasal dari luar daerah, dan Untirta selalu berupaya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. “Kualitas terus ditingkatkan, prestasi semakin banyak terukir dari capaian-capaian Index Kinerja Utama (IKU) dan itu semua merupakan bukti Untirta serius mewujudkan kampus yang smart and green di kawasan ASEAN tahun 2030 dengan value JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)”, ujarnya.

Sub Koordinator Humas Protokol Untirta Adhitya Angga Pratama M.I.Kom, melanjutkan materi terkait beasiswa yang lumayan banyak baik dari pemerintah (KIP), Kementerian dan Mitra Kerjasama. Adapun cara daftar untuk mendapatkan beasiswa tersebut untuk KIP itu daftar sebelum siswa memulai daftar kuliah atau sebelum pendaftaran PMB dibuka, sedangkan Beasiswa yang lainnya bisa didapat sudahmenjadi mahasiswa di setelah semester 3(tiga) dengan ketentuan prestasi IPK diatas rata-rata 3,0 dan informasi beasiswa mahasiswa bisa berkoordinasi langsung dengan bidang 3(Kemahasiswaan-red).”tuturnya

Ketua UPP PMB Untirta, Tri Cahyono, S.Kom., M.M menyampaikan kepada guru BK untuk membantu mengarahkan siswa memilih program studi yang sesuai dengan minat dan kompetensi siswa di tiga jalur PMB, yaitu jalur Tes, Prestasi dan Mandiri. Dengan diadakannya kegiatan ‘Edu Fair 2022’ ini semoga sangat bermanfaat untuk menunjang siswa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. “Saya berharap kegiatan ini dapat disimak dengan baik sehingga mempermudah siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri”, Dan ia berharap ada capaian hasil yang diharapkan, sehingga tidak salah memilih program studi, dan SMAN 3 Kab. Tangerang untuk terus berupaya meningkatkan kualitas untuk diterima di PTN.” harapnya.

“Dimohon harap berhati hati mencari informasi jangan sampai terpengaruh informasi hoax, carilah informasi melalui laman atau website dan akun-akun resmi perguruan tinggi dan kementerian, kemudian harus rajin mencari informasi yang valid dan terupdate di website atau akun resmi terkait PMB. “harapnya. (TMA/AAP/VDF)