Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Dosen Bahasa Jerman UM Perdalam Junalistik Web dan Cyber Public Relation Pendukung tugas pembelajaran dan Riset kreatif

Dosen Bahasa Jerman UM Perdalam Junalistik Web dan Cyber Public Relation Pendukung tugas pembelajaran dan Riset kreatif
image_pdf
Diskusi Kelompok Bidang Jurnalistik Web dan Manajemen Konten

Selama 3 hari kedepan para dosen dari Departemen Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang (UM) dengan menggandeng Yogya Execituve School melakukan pelatihan secara intensif guna memperkuat dan meningkatkan potensi kreatifitasnya sebagai modal melakukan tugas-tugas pendukung pembelajaran maupun riset-riset inovatif sesuai kebutuhan era sekarang dan mendatang.  Kagiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Departemen Bahasa Jerman dengan  mengusung  tema mengoptimalkan konsep kreatif melalui sertifikasi dan kompetensi Cyber Public Relation dan Jurnalistik Web.

Kegiatan yang berlangsung hingga 18 Nopember 2022 tersebut dilaksanakan di  kota Gedek Jogjakarta   dengan melibatkan 17 dosen yang akan memperdalam bidang strategi komunikas  brand terhadap  audiens dan jurnalistik baik press lerease, copy writing, dan jurnlisme copyicyber public satire. Salah satu nara sumber mengatakan bahwa kreativitas yang tinggi merupakan motor dan model di lingkungan masyarakat kini dan mendatang dan hal ini harus dimiliki para  akademisi melalui kemauan untuk melakukan perubahan  mindset kreatif guna melahirkan hal-hal baru yang sifatnya responsif terhadap situasi eksternal. Respon efektif  haruslah  mencerminkan karakter fleksibilitas, kelancaran, orisinalitas, dan kemampuan dalam mengelaborasi gagasan atau produk yang sifatnya baru, dan hal ini memerlukan prinsip keterbukaan pemikiran yang  berorientasi pada masa kini dan jauh ke depan.

Diskusi Kelompok Bidang cyber public relation

Dr. Desti Nur Aini, S.S., M.Pd, salah satu dosen peserta dari tim cyber public relation mengatakan agenda program ini terkait dengan penguatan dosen dalam bidang manajemen hubungan yang efektif guna membangun identitas dan citra, serta mempromosikan aspek kemasyarakatan dalam berpartisipasi, berbagi dan menciptakan informasi. Dosen juga perlu menerapkan pengelolaan media yang baik, komunikasi yang baik, dan sajian informasi yang menarik dan bermanfaat, sehingga manfaatnya tidak hanya dirasakan lembaga, melainkan juga manfaat terhadap publik, demikian ujarnya.

kontibutor: Desna LPPM UM