Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Rektor Untan Sampaikan Persentasi di Acara Festival Kampus Merdeka di Bali

Rektor Untan Sampaikan Persentasi di Acara Festival Kampus Merdeka di Bali

Rektor Untan, Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si., mewakili rektor perguruan tinggi akademik untuk menyampaikan presentasi singkat (Pitching Session) pada acara Festival Kampus Merdeka 2022 yang diselenggarakan di Bali, Senin (16/11/2022).

Ia mengatakan program MBKM merupakan satu eksemplar baru di dunia pendidikan yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim sebagai bagian dari reorientasi pendidikan tinggi.

“MBKM adalah satu eksemplar baru dalam pendidikan di Indonesia, karena pendidikan model pembelajaran multikanal itu merupakan hal yang sangat relevan sekarang ini,” ujarnya.

Menurutnya, melalui MBKM mahasiswa tidak hanya bergelut pada hard skill tapi juga soft skill dan lebih penting lagi adalah the future skill karena dunia itu tidak bisa lagi kita tahan kemajuannya.

“oleh karena itu program MBKM sebetulnya mencuri start lebih awal karena dunia usaha, dunia industri adalah yang paling responsif terhadap perubahan. oleh karena itu mahasiswa keluar dari kampus dan tangkap apa yang terjadi di luar,” tuturnya.

Prof Garuda Wiko menambahkan perguruan tinggi hendaknya mulai meninggalkan model pemikiran bahwa perguruan tinggi adalah satu-satunya yang dapat memberikan layanan terbaik untuk para mahasiswa, “perguruan tinggi harus menjadi rumah besar bagi seluruh stakeholder, private sektor, birokrasi,” pungkasnya.