Minggu, 27 November 2022
Perguruan Tinggi

Radlial Anwar, Mahasiswa UNTAN ikuti Pertukaran Pemuda dan Konferensi Internasional di 3 Negara

Radlial Anwar, Mahasiswa UNTAN ikuti Pertukaran Pemuda dan Konferensi Internasional di 3 Negara

Radlial Anwar merupakan Mahasiwa Universitas Tanjungpura pada Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Angkatan 2019. Melalui proses seleksi yang begitu panjang, yakni mulai dari seleksi berkas, wawancara dan Forum Grup Discussion (FGD), akhirnya Radlial Anwar terpilih sebagai delegasi pada kegiatan Pertukaran Pemuda dan Konferensi Internasional (International Youth Exchange and Conference) chapter 3 negara untuk Mewakili Provinsi Kalimantan Barat.

Radlial Anwar

International Youth Exchange and Conference (IYEC) Chapter 3 Countries adalah sebuah program berskala Internasional yang bertujuan untuk meningkatkan pemikiran kritis pemuda-pemudi Indonesia terkhusus dalam mengasah learning skill dan life skills. Program ini digagas untuk mengajak pemuda-pemudi Indonesia untuk bisa berkontribusi dan menambah pengalaman Internasionalisasi untuk bekal di masa mendatang demi terwujudnya generasi “Indonesia Emas 2045”. Selain itu, peserta berkesempatan untuk mengikuti International Conference yang semakin memotivasi untuk menuangkan pikiran kritis sekaligus meningkatkan cakrawala dan wawasan pemuda-pemudi Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Indonesian Youth and Culture dan Indonesian Youth Action pada 14-19 Oktober 2022 di # Negara yakni Malaysia, Thailand dan Singapura yang diikuti oleh lebih dari 50 pemuda seluruh Indonesia. Tema yang diangkat pada kegiatan tersebut adalah The Role Of Youth For a Sustainable Future.

Kunjungan Wisata dan Budaya Thailand

Adapun rangkaian kegiatan International Youth Exchange and Conference (IYEC) yang begitu menarik yakni visit to thailand untuk melakukan kunjungan ke Konsultan Indoensia di Songkhla, Thailand kemudian kunjungan ke tempat bersejarah dan wisata. Kemudian dilanjut migrasi ke Malaysia untuk kegiatan Konferensi Internasional di Kuala Lumpur. Konferensi ini membahas tentang SDGs, yang mana pada kesempatan tersebut, Radlial Anwar mengangkat poin 13 dari SDGs yakni tentang perubahan Iklim dengan judul paper “Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Sebagai Pendeteksi Tsunami untuk atasi ancaman dan solusi perubahan iklim”. Selanjutnya kunjungan ke Keduataan Besar Republik inodnesia (KBRI) yang diisi dengan diskusi kenegaraan dan peran kbri untuk pelajar Indonesia.

Kunjungan Wisata dan Budaya Malaysia

Rangkaian kegiatan dilanjut dengan migrasi ke Singapura untuk melakukan pertukaran pemuda dengan Pelajar Indoensia Di singapura untuk pengenalan dan kunjungan ke Universitas terbaik se Asia yakni National Univercity of Singapore (NUS) dan kunjungan beberapa tempat wisata dan bersejarah singapura lainnya. Ini menjadi pengalaman yang sangat berharga dan tidak terlupakan bagi Radlial Anwar.

Kunjungan Wisata dan Budaya Singapura

Anwar juga mengungkapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yang telah mendukung baik moril maupun materiil sehingga ia bisa mengikuti kegiatan ini dengan lancer.