Selasa, 29 November 2022
Sekolah Menengah Kejuruan

Kujungan Industri PT PLTGU Senipah

Kujungan Industri PT PLTGU Senipah

Selasa 15 November 2022 SMK Negeri 6 Balikpapan Melakukan Kunjungan Industri ke PT PLTGU Senipah 117MW dalam rangka Implementasi Link And Match Studi Banding/Benchmarking.
PLTGU Senipah yang berlokasi di Kabupaten Kutai, Provinsi Kalimantan Timur.

Tujuan Kunjungan Industri ini adalah update teknologi terkini dari dunia industry khususnya pembangkit listrik terutama pembangkit listrik tenaga gas dan HRSG (Heat Recovery Steam Generator)

PT. PLTGU Senipah merupakan produsen listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) yang sebelumnya telah mengoperasikan PLTG Senipah berkapasitas 82 MW (simple cycle) sejak 2015.
Pada 2017, Kertanegara Energi berekspansi dengan kapasitas sebesar 35 MW (combined cycle dan SPRINT technology).

Teguh Setiawan selaku Koordinator Operasi PLTGU Senipah menjelaskan saat ini PLTGU Senipah menyalurkan listrik di wilayah Kalimantan Timur dan Utara melalui sistem jaringan transmisi Mahakam yang didistribusikan ke wilayah Kalimantan Timur, termasuk Balikpapan, Samarinda, dan Tenggarong. Kalimantan tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimatan Selatan.

Pada kunjungan ini juga dibicarakan tentang kerjasama antara SMKN 6 Balikpapan dan PT. PLTGU Senipah.
Dengan adanya kerjasama ini diharapkan PT. PLTGU bersedia menerima guru dan siswa SMKN 6 Balikpapan untuk magang (Praktek Industri) , dan PT. PLTGU sebagai Guru Tamu untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan sesuai bidang industrinya.
Sebelumnya SMKN 6 Balikpapan Juga melakukan kunjungan industri ke PT. Sanggar Sarana Baja dan PT. Equiport Inti Indonesia Cabang Balikpapan.