Selasa, 06 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Gowes Sepeda 8 Hari dari Kalimantan ke Arena Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah Ke-48

Gowes Sepeda 8 Hari dari Kalimantan ke Arena  Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah Ke-48

Jelang Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah Ke 48, tidak hanya Muktamirin yang siap berangkat menuju Solo. Peserta Penggembira pun ingin ikut meramaikan rangkaian acara Muktamar. Banyak cara dapat dilakukan untuk menuju ke lokasi Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah Ke 48 di Surakarta. Tim peliput Kantor Sekretariat Universitas (KSU) UMJ, Dinar Meidiana, yang sudah lebih dahulu berada di Surakarta, menyaksikan sendiri kehadiran para penggembira muktamar ini dengan menggunakan sepeda. Rombongan gowes sepeda itu berjumlah 8 orang, empat orang dari Palangkaraya, tiga orang dari Banjarmasin, dan satu orang dari Surabaya. Mereka tiba di Surakarta pada Rabu (16/11).

Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., menyambut rombongan penggembira dari Palangkaraya yang mengayuh sepeda sejauh 1.050km itu di depan Gedung Edutorium UMS. Cuaca mendung dan gerimis tidak mengurungkan antusiasme Sofyan untuk menyambut dan memberikan apresiasi pada rombongan yang berangkat sejak 7 November 2022. Perjalanan darat ditempuh selama 8 hari ditambah perjalanan laut selama satu hari satu malam. 

Menurut Sofyan, yang dilakukan oleh Ali Imron, dkk., adalah salah satu bagian dari syiar sekaligus tadabbur. “Kader muhammadiyah yang harus tangguh, berani, kuat mental, dengan berbagai rintangan dan tantangan ke depan. Tetap memiliki etos untuk berjuang dalam mencapai sukses,” ungkap Sofyan. 

Ali Imron, komandan perjalanan gowes sepeda mengatakan bahwa keinginan rombongan sangat kuat untuk syiar dan gebyar Muktamar agar lebih terlihat lagi. “Orang naik pesawat kan sudah umum. Kami ingin menunjukkan sebuah proses dan perjuangan untuk mencapai titik tujuan,” ungkap Ali Imron. 

Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah Ke 48 akan dihelat selama tiga hari mulai dari Jumat-Minggu, 18-20 November 2020 mendatang. Peserta penggembira dapat menghadiri Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah Fair 2022 di The Tjolomadu yang mulai dibuka Kamis-Senin (17-21/11). Muktamar Fair digelar untuk mendukung produk UMKM dan inovasi teknologi karya Muhammadiyah yang berdaya saing nasional dan internasional. Peserta penggembira dapat melihat dan menikmati produk-produk kreatif dan unggulan dari berbagai unsur dan elemen Muhammadiyah, serta produk Pemerintah Kota Solo Raya. 

Rangkaian acara lainnya ialah Malam Mangayubagyo di Edutorium UMS, Jumat (18/11) malam, yang akan menyajikan penampilan istimewa dari kader Muhammadiyah dan artis kenamaan nasional seperti Tantri (Kotak) dan Letto Band. Rangkaian lainnya ialah Pembukaan Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah yang akan dihelat di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/11). (DN/KSU)