Selasa, 06 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Dosen Teknik Elektro Unika Soegijapranata Jelajah Energi Jawa Tengah 2022

Dosen Teknik Elektro Unika Soegijapranata Jelajah Energi Jawa Tengah 2022
Kunjungan tim jelajah energi terbarukan di plant Biogenic Shallow Gas, Desa Bantar, Banjarnegara
Kunjungan tim jelajah energi terbarukan di plant Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Desa Karangtengah, Kabupaten Banyumas

Jelajah Energi Jawa Tengah 2022 merupakan kegiatan yang dibentuk oleh Dinas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah dan Institute for Essential Services Reform (IESR). Kegiatan dilakukan dalam bentuk kunjungan dan liputan ke beberapa pemanfaatan energi terbarukan di Jawa Tengah dan sudah berlangsung sejak 27 Juni – 1 Juli 2022 lalu.

Maka dalam rangka mendukung kegiatan Jelajah Energi Jawa Tengah 2022, salah satu dosen Teknik Elektro, Unika Soegijapranata atau Soegijapranata Catholic University (SCU), Arifin Wibisono S.T., M.T., dikirimkan untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Kunjungan tim jelajah energi terbarukan di plant Pembangkit Listrik Panas Bumi (Geo Thermal) Geodipa Energi, Dieng

Arifin menceritakan, selama kegiatan telah mengunjungi beberapa tempat yang meliputi dari PT. Solusi Bangun Indonesia, PT. Pertamina RU IV Cilacap, Pompa Air Tenaga Surya di Desa Kaliurip, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Desa Karangtengah, Biogenic Shallow Gas (BSG) di Desa Bantar, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Kabupaten Banjarnegara, Biogas di Desa Samirono, PLTU Tanjung Jati B di Desa Tubanan, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Desa Senenan.

Adanya kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mengangkat isu transisi energi Jawa Tengah berbasis masyarakat, diseminasi informasi dalam hal urgensi bertransisi energi kepada masyarakat Jawa Tengah, meningkatkan liputan dan cerita implementasi energi terbarukan di Jawa Tengah, dan implementasi nilai Pancasila dalam mencapai kedaulatan energi. [Humas Unika Soegijapranata/Dim-Arifin Wibisono]