Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

FKG ULM Mendapat Kunjungan Tim Konsil Kedokteran Indonesia (KKI)

FKG ULM Mendapat Kunjungan Tim Konsil Kedokteran Indonesia (KKI)

Fakultas Kedokteran gigi dikunjungi oleh Tim Konsil Kedokteran Indonesia dalam rangka “Supervisi dan pendampingan Penerapan Standar Pendidikan dan Standar Kompetensi Dokter Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat oleh Konsil Kedokteran Indonesia”. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad, S.E, M.Si, Tim Konsil Kedokteran Indonesia, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) ULM Dr. drg. Maharani laillyza Apriasari, SpPM,  Wakil Dekan FKG ULM beserta jajaran Prodi dan Fakultas, dan Dr. drg. Rosihan Adhani, S.Sos, M.S selaku Dekan Fakultas Kedokteran Gigi ULM Periode 2014-2020 yang bertempat di ruang rapat lt.2 FKG ULM Banjarmasin.

Rektor ULM menyambut baik kedatangan tamu dari tim Konsil Kedokteran Indonesia yang kedatangannya untuk melaksanakan evaluasi dalam rangka perbaikan atas seluruh proses pendidikan pada Fakultas Kedokteran Gigi ULM. Beliau juga berharap jika agenda ini dilaksanakan sesuai standar yang ditetapkan maka diharapkan akan mendapatkan hasil yang terbaik termasuk seluruh proses pendidikan yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Gigi ULM. Pembangunan Gedung FKG pun sudah di rencanakan sehingga Sarana infrastruktur dapat tersedia dalam rangka menunjang kebutuhan sarana dan prasarana yang ada di Fakultas Kedokteran Gigi.

Seperti yang diketahui, Fakultas Kedokteran Gigi merupakan Fakultas termuda di ULM. Akan tetapi, kebutuhan akan dokter gigi di Kalimantan Selatan masih sangat tinggi seiring dengan kebijakan pemerintah untuk menempatkan 1 dokter gigi di setiap puskesmas di Kalimantan Selatan. Maka dari itu, ini merupakan tantangan bagi ULM bagaimana kita menambah daya tampung dengan sarana prasarana yang tersedia yang sedang diupayakan, dan daya dukung dari sumber daya manusia dari ULM itu sendiri. Hal yang menjadi pertimbangan akan pentingnya untuk mendukung perkembangan dan kemajuan proses belajar di Fakultas kedokteran gigi adalah jika terwujudnya Ibu Kota Negara yang akan segera berpindah ke Kalimantan Timur. Hal ini bisa menjadi alasan yang kuat bahwa Kalsel akan menjadi penyedia sumber daya manusia yang dapat diandalkan, selain karena menjadi Provinsi penyangga utama Ibu Kota Negara juga mengingat Fakultas Kedokteran Gigi di wilayah regional Kalimantan hanya dimiliki oleh ULM yang merupakan Universitas tertua di Kalimantan. Rektor juga menyampaikan bahwa strategi ULM adalah bagaimana menjaga kualitas program pembelajaran yang ada di Fakultas Kedokteran Gigi supaya mengahasilkan alumni-alumni yang mempunyai integritas, komitmen yang baik dan skill yang luar biasa karena kebutuhan tenaga medis khususnya Dokter Gigi yang akan semakin dibutuhkan.