Jumat, 09 Desember 2022
Perguruan Tinggi

POMNAS 2022 Resmi Dibuka, 117 Atlet UNJA Siap Bertanding di 14 Cabor, UNJA Siapkan Penghargaan bagi Peraih Medali

Sumatera Barat,- Universitas Jambi mengirimkan sebanyak 117 mahasiswa pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVII di Sumatera Barat. POMNAS ke-17 dilaksanakan selama 10 hari, digelar mulai tanggal 17 s/d 26 November 2022.

Hadir dalam acara pembukaan POMNAS Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., juga selaku ketua BAPOMI Provinsi Jambi, Dr. Sukendro dan beberapa pejabat dilingkungan Universitas Jambi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi, Dr. Teja Kaswari mengapresiasi tuan rumah pada Pomnas ini yaitu Universitas Negeri Padang.

“Selaku Ketua Umum Bapomi Provinsi Jambi, sekaligus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi, sangat mengapresiasi Tuan Rumah yakni Universitas Negeri Padang yang telah sukses menyelenggarakan acara pembukaan POMNAS ke-17 di Padang. Acara pembukaan dilakukan oleh Mendikbudristekdikti, Mas Nadiem Anwar Makarim didampingi oleh Bapak Dirjen Pendidikan Tinggi dan Ibu Dirjen Pendidikan Vokasi. POMNAS ke-17 ini akan dilaksanakan dari tanggal 17-26 November 2022 di Padang dengan lokasi bertanding di Kampus UNP, Unand, dan Akademi Teknik Industri Padang dengan jumlah peserta sebanyak 8948 dari 34 Provinsi di tanah air,” ujar Dr. Teja Kaswari.

Dr. Teja Kaswari mengatakan Bapomi Jambi mengikutsertakan 14 cabang olahraga dengan jumlah atlet sebanyak 152 orang yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Provinsi Jambi. Dari Universitas Jambi berjumlah 117 orang sedangkan dari Universitas lainnya sebanyak 35 orang.

“Jumlah atlet yang terbesar berasal dari Universitas Jambi sebanyak 117 dan selebihnya dari UIN STS Jambi dan Universitas Batanghari. Kita berharap ada capaian prestasi olahraga melalui POMNAS ke 16 di Padang ini terutama pada berbagai cabang olahraga unggulan seperti Tarung Derajat, Petanque, dan lain sebagainya. Dari Universitas Jambi kami akan memberikan penghargaan berupa pembebasan UKT bagi atlet dari Universitas Jambi yang memperoleh Medali Emas, Perak, dan Perunggu,” terang Dr. Teja Kaswari.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutan pembukaan POMNAS ke-17 ini diharapkan menjadi perayaan sportifitas dan dapat menjadi semangat untuk mewujudkan agenda merdeka belajar.

Selain itu, setiap mahasiswa berhak untuk mengembangkan bakat dan minatnya, karena itulah kegiatan kompetisi olahraga ini luar biasa pentingnya dikarenakan untuk mendorong kolaborasi lintas sektor, membangkitkan semangat generasi pemuda kita untuk berkarya dan berprestasi.

“Junjung terus sportifitas, karena dengan keberanian untuk berkompetisi itulah sebenarnya kemenangan,” terangnya.

POMNAS ke-17 kali ini mempertandingkan 14 Cabang Olahraga diantaranya ; cabang olahraga Atletik, Bola basket, Bulu tangkis, Bola Voli, Futsal, Karate, Panjat Tebing, Pencak Silat, Petanque, Renang, Sepak Takraw, Taekwondo, Tarung Drajat, dan Tenis lapangan.

Irwan / Supriyadi / HUMAS