Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Doakan, Untirta dan Perguruan Tinggi Se-Banten Turut Berjuang di Pomnas Tahun 2022

Doakan, Untirta dan Perguruan Tinggi Se-Banten Turut Berjuang di Pomnas Tahun 2022

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) adalah ajang olahraga nasional antarprovinsi untuk mahasiswa perguruan tinggi sarjana dan diploma di Indonesia. Ajang ini diadakan tiap dua tahun sekali dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menjadi bagian di dalamnya.

Pada tahun ini, launching Pomnas resmi diadakan di Padang dibarengi dengan pelaksanaan launching logo, maskot, dan Sistem IT Pomnas  yang perhelatan pertandingannya dimulai pada hari ini, 17 November sampai 26 November tahun 2022. Adapun event POMNAS XVII di Sumatera Barat mempertandingkan 14 cabang olahraga, diantaranya; Venue (UNP) cabang olahraga Atletik, Renang, Tennis, Tarung Derajat, Bola Voli, Sepaktakraw, Petanque, Bola Basket, Futsal Putra. Venue (Raffely Futsal by Pass  Padang) cabang olahraga Futsal, Venue (Universitas Andalas) cabang olahraga Panjat Tebing, Bulutangkis, Pencak Silat. Venue (Politeknik Pelayaran Sumatera Barat di Padang Pariaman)  cabang olahraga, Venue (Akademi Teknologi Industri Padang), cabang olahraga Karate, dan Venue terakhir (Akademi Teknologi Industri Padang) cabang olahraga Taekwondo.

Sesuai dengan tujuan awalnya, pada Pomnas kali ini yakni untuk meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa, Meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin, dan sportivitas mahasiswa, Meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa, dan Membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan Internasional.

Selanjutnya jumlah atlet yang akan berlaga pada event POMNAS XVII ini, yakni sebanyak 8602 atlet putra dan putri, serta 2006 official dan pelatih, yang berasal dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia. (TMA/ER/HumasUNP/YSR/AAP/VDF)