Jumat, 09 Desember 2022
Perguruan Tinggi

KKN UAD Gelar Potensi Budaya Kelurahan Tegal Panggung

KKN UAD Gelar Potensi Budaya Kelurahan Tegal Panggung

Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Gelar Potensi Budaya Kelurahan Tegal Panggung (Foto: Annisa)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 84 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan warga Kelurahan Tegal Panggung melaksanakan Gelar Potensi Budaya Rintisan Kelurahan Budaya. Acara dilaksanakan pada Sabtu (12-11-2022) bertempat di kawasan SMP Bopkri 1 Yogyakarta. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kemantren Danurejan, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Ketua Komisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta, Koramil Danurejan, dan diikuti lebih dari 300 peserta

“Acara hari ini berjalan lancar, dibuka dengan pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pagi tadi, kemudian dilanjut pawai siang harinya, dan puncak acara malam hari yaitu pentas seni. Meskipun siangnya hujan, semangat mereka tetap membara,” ucap Joko Sulistiyo selaku koordinator Kecamatan Danurejan.

Mengusung tema budaya, kegiatan yersebut dilaksanakan selama 1 hari penuh. Mulai dari pameran UMKM, lomba mewarnai aksara Jawa, pawai, dan pentas seni. Pameran UMKM dibuka untuk umum yang menjual berbagai macam mulai dari makanan, minuman, tanaman dalam pot, pakaian, dan lainnya. Dengan adanya pameran, membuat pelaku UMKM mampu meningkatkan potensi setiap daerah khususnya warga Kelurahan Tegal Panggung.

“Budaya ini harus dilestarikan, terutama di wilayah Tegal Panggung. Dengan adanya pelestarian budaya dan seni maka dapat membangkitkan semangat kami untuk mengajarkannya kepada generasi yang akan datang,” tutup salah satu peserta pawai.

Kelompok seni seperti bergodo, gejog lesung, dan jathilan di Kelurahan Tegal Panggung tampil memukau saat pawai dan pentas seni berlangsung. Tak hanya itu, penampilan lain yakni tari nusantara, tari sintren, dan lainnya menjadi ikonik pada malam pentas seni. Acara ditutup dengan pembagian hadiah dan pengumuman juara lomba mewarnai aksara Jawa yang diikuti oleh 40 peserta tingkat TK hingga SD. (ans/frd)

uad.ac.id