Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Lebih Dari 500 Tenant Unjuk Gigi di Muktamar Fair dan MITE Expo 2022

Lebih Dari 500 Tenant Unjuk Gigi di Muktamar Fair dan MITE Expo 2022

Rangkaian Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah Ke 48 diawali dengan dibukanya Muktamar Fair dan Muhammadiyah Innovation and Technology Expo (MITE), Kamis (17/11). Berlokasi di Museum De’ Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Muktamar Fair menjadi wahana oleh lebih dari 500 tenant untuk unjuk gigi. Marpuji Ali, Ketua Panitia Muktamar dan MITE 2022 mengatakan bahwa ratusan tenant yang bergabung terdiri dari berbagai bidang bisnis dan inovasi. 

Ajang pameran ini melibatkan seluruh elemen kader Muhammadiyah dalam rangka menunjukkan inovasi dan hasil pengembangan teknologi yang dimiliki. Muktamar Fair dan MITE Expo yang disambut gembira oleh Juliyatmono, Bupati Karanganyar yang hadir pada acara pembukaan. Ia mengatakan bahwa Muktamar Fair dan MITE 2022 memperlihatkan pada semua pihak bahwa Muhammadiyah adalah organisasi besar yang memiliki kemandirian luar biasa, dan tidak pernah tergantung kepada siapapun.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. KH. Haedar Nashir, M.Si., menghimbau agar kegiatan tersebut dijadikan momentum untuk kader Muhammadiyah untuk dapat mengakselerasi, memobilisasi, dan mengkapitalisasi aktivitas-aktivitas ekonomi.

“Kalau kegiatan ekonomi kita kuat, serta berbagai inovasi kita hasilkan, nantinya kegiatan dakwah lebih mudah dilakukan dan semakin meluas, sehingga Muhammadiyah menjadi organisasi besar yang bisa diterima oleh banyak kalangan,” ungkap Haedar yang hadir didampingi oleh Ketua PP Muhammadiyah, Hajriyanto Y Thohari, dan Ketum PP Aisyiyah Dra. Hj. Siti Noordjannah Djohantini, M.M., M.Si., Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., dan Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Ma’mun Murod, M.Si.

Setelah resmi membuka Muktamar Fair dan MITE Expo, Haedar berkeliling MITE dan stan tenants yang tersebar di 8 zona. Stan tenant tersebut diisi antara lain dengan aneka kuliner, fashion, game, alat tulis dan buku, industri kreatif, kinerja majelis dan lembaga Persyarikatan Muhammadiyah dengan 100 inovasi teknologi. Satu dari ratusan tenant tersebut berasal dari UMJ yang memamerkan dan menjual produk hasil inovasi dari sivitas akademika UMJ berupa produk kecantikan serta karya ilmiah berupa buku. 

Stan Universitas Muhammadiyah Jakarta di Muktamar Fair dan MITE Expo 2022, di Museum De’ Tjolomadoe.

Sejak dibuka Kamis (17/11) sore, Muktamar Fair dan MITE 2022 telah dipadati oleh penggembira Muktamar yang datang dari berbagai daerah. Penggembira tidak perlu khawatir akan merasa lapar dan haus, karena tersedia berbagai macam kuliner di tenant zona kuliner dengan dimeriahkan oleh penampilan musik. Muktamar Fair dan MITE Expo dapat dikunjungi setiap pukul 09:00 pagi hingga 21:00 malam dan berakhir pada Senin (21/11). (DN/KSU)