Kamis, 08 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Gandeng ITD RSUD Dr Soetomo, HIMABITS Hadirkan Kegiatan Donor Darah

Gandeng ITD RSUD Dr Soetomo, HIMABITS Hadirkan Kegiatan Donor Darah

Potret para petugas dari Instalasi Transfusi Darah (ITD) Dr Soetomo sebelum mengemban tugasnya

Kampus ITS, ITS News — Tanamkan kepedulian masyarakat mengenai pentingnya donor darah, Himpunan Mahasiswa Biologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (HIMABITS) bersama dengan Instalasi Transfusi Darah (ITD) RSUD Dr Soetomo kembali sukses gelar acara BITS Donor Darah, Minggu (13/11) di ruang Smart Classroom Departemen Biologi ITS.

Ketua pelaksana kegiatan ini, Nilam Cahyatul Jannah mengungkapkan bahwa berangkat dari fakta dimana tingkat kebutuhan darah di Indonesia sangat tinggi dan kurangnya kepedulian masyarakat akan donor darah, menyebabkan kurangnya pasokan transfusi darah di Indonesia. “Jadi kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih aware terhadap kebutuhan darah dan semakin peduli terhadap sesama” ungkap mahasiswi angkatan 2020 tersebut.

Mengusung tema Give Blood & Keep The World Beating, kegiatan ini diharapkan dapat membantu mendukung kampanye Hari Donor Darah Sedunia. Dalam kegiatan ini, terhitung sejumlah 64 pendonor yang berasal dari berbagai macam latar belakang telah memberikan kontribusi dan kebermanfaatannya bagi sekitar. “Harapanku sih semoga di tahun depan kita bisa mendapat lebih banyak pendonor dan cakupannya tidak hanya dari civitas akademika saja,” tambah Nilam.

Salah satu peserta donor darah saat membagikan posenya

Lebih lanjut, Rosa Rosdiana Amd selaku Koordinator Pelayanan dari ITD RSUD Dr Soetomo, menceritakan bahwa ia merasa sangat terbantu terkait adanya kegiatan ini. Rosa menuturkan, saat ini angka kebutuhan darah untuk pasien di RSUD Dr Soetomo setiap bulannya adalah 10.000 kantong. Sedangkan dari pihaknya sendiri biasanya hanya mendapatkan sekitar 4000-5000 kantong per bulan. “Dengan adanya kolaborasi ini, saya merasa sangat senang. Saya yakin bisa mendapat banyak darah nanti,” tuturnya sumringah.

Tak hanya itu, Rosa menambahkan bahwa melalui kegiatan donor darah ini juga dapat meningkatkan rasa sosial kepada anak-anak muda. “Saya merasa bangga sekali melihat anak-anak muda di ITS ini memiliki rasa kepedulian yang tinggi,” papar penanggung jawab kegiatan BITS Donor Darah dari pihak ITD ini. Dia akhir wawancara, Rosa menambahkan bahw,  ia berharap bahwa kegiatan-kegiatan serupa juga dapat dilaksanakan di Departemen-departemen lain, tidak hanya di Departemen Biologi saja. (*)

 

Reporter: Mifda Khoirotul Azma
Redaktur: Fatih Izzah