Minggu, 27 November 2022
Perguruan Tinggi

SIAPKAN MAHASISWA HADAPI ERA INDUSTRI 4.0: PRODI EKONOMI SYARIAH HADIRKAN DIREKTUR UTAMA BANK BJB SYARIAH DALAM KULIAH UMUM

SIAPKAN MAHASISWA HADAPI ERA INDUSTRI 4.0: PRODI EKONOMI SYARIAH HADIRKAN DIREKTUR UTAMA BANK BJB SYARIAH DALAM KULIAH UMUM

(UINSGD.AC.ID)-Program Studi Ekonomi Syariah berkolaborasi dengan Bank BJB Syariah mengadakan Kuliah Umum di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Kamis (17/11/2022).

Kuliah umum ini dihadiri sebanyak 250 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah. Tema yang diangkat ‘Menjadi Bankir Syariah di Era Industry 4.0 : Peluang dan Tantangan’. Dengan menghadirkan Adang Ahmad Kunandar selaku Direktur Utama bank bjb syariah.

Acara dimulai dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Dr. Muhammad Hasanuddin, M.Ag selaku Ketua Program Studi Ekonomi Syariah, dalam sambutannya Dr Hasanuddin menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya acara kuliah umum tersebut. ‘Alhamdulillah, hari ini para mahasiswa bisa langsung belajar dari ahlinya. Terima kasih kepada Direktur Utama bank bjb syariah yang telah berkenan hadir dan mengisi materi di kuliah umum ini untuk berbagi kisah, pengalaman, sekaligus ilmunya kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri menuju dunia kerja di era industri 4.0,’ ujarnya.

Ia berharap, dengan terselenggaranya kuliah umum ini, mahasiswa mendapatkan point of view yang lebih luas dan komprehensif mengenai dunia perbankan syariah.

Adang membuka sesi dengan menanyakan kepada para peserta kuliah umum mengenai alasannya memilih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam utamanya Program Studi Ekonomi Syariah. Sejak awal sesi penyampaian materi, Adang telah menekankan pentingnya perbankan dan keuangan syariah.

Adang memberikan gambaran mengenai perjalanan hingga sampai di era industry 4.0. ‘Di dalam era industry 4.0 ini sangat banyak bidang yang saling terkait dan terintegrasi satu sama lain, hal ini harus siap kita hadapi. Kita harus siap berubah dan menyesuaikan diri dalam berbagai dinamika yang terjadi di era ini, semua harus cepat dan real time,’ jelasnya.

Digitalisasi telah lama dipersiapkan dan terus diakselerasi, hal ini semakin nyata saat pandemi Covid-19 terjadi, termasuk juga mulai terbentuknya virtual economy.

Adang menambahkan bahwa bank bjb syariah merespon hal ini dengan bersigap menyediakan berbagai layanan juga fitur perbankan digital yang mendukung dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kuliah umum yang diselenggarakan Program Studi Ekonomi Syariah ini menjembatani mahasiswa selaku peserta agar dapat menjangkau ilmu praksis secara langsung dari ahlinya.

Acara ini diharapkan dapat memberikan input bagi korporasi melalui sudut pandang mahasiswa selaku masyarakat milenial dan output bagi peserta selaku masyarakat agar dapat beradaptasi dengan era industry 4.0 sekaligus mempersiapkan diri menuju dunia kerja perbankan dan keuangan syariah. (NRA)