Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Untirta Terus Upayakan Sinkronisasi Data IKU Tahun Kinerja 2022

Untirta Terus Upayakan Sinkronisasi Data IKU Tahun Kinerja 2022

Tangerang Selatan-Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP)  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan kegiatan sinkronisasi pengelolaan data Indikator Kinerja Utama (IKU) Tahun Kinerja 2022. Kegiatan dilaksanakan di Hote Qubika, Kota Tangerang Selatan. Hadir dalam kegiatan ini terdiri dari sekitar 100 admin PDDikti pada tiap jurusan di Untirta.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset  Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., Kepala BAKP Tb Bahtera Rohimudin, S.E., M.Si., Sekretaris Tim IKU Untirta Dr. M. Adha Ilhami, S.T., M.T., Subkoordinator Akademik BAKP Khaerul Kholqi, S.P., dan staf.

Dr. Agus dalam papaparannya mengatakan, beberapa target yang dicapai menuju kepada sebuah kinerja dimana dalam kinerja itu dituntut untuk memperbaiki data-data, baik itu data mahasiswa, dosen maupun dalam kegiatan pembelajaran.

“Hal ini tidak lain untuk menunjang kebijakan yang sudah dibuat oleh pemerintah. Sekarang Kemendikbudristek ada kebijakan yang pada akhirnya kita harus memperbaiki data dan dalam memperbaiki data itu ada semacam kompetisi. Bayangkan sampai sekarang termasuk anugerah IKU itu dikompetisikan. Maka dari itu, kita berharap Untirta bisa bersaing dengan PTN lain dan bisa masuk dalam 15 besar Liga IKU (antar-PTN-red),” jelasnya.

Ia menambahkan, ada lima hal yang menjadi Indikator Anugerah Pelaporan PDDIkti Tahun 2022 yakni  Persentase Kelas Terisi, Persentase Data Pokok Sesuai, Persentasi Pelaporan, Persentasi Checkpoint dan Persentase Pelaporan Sesuai.

Kepala BAKP Tb Bahtera mengungkapkan, segala yang berkaitan dengan data-data IKU, dalam waktu dekat memang harus disinkronkan seperti dalam data Sister, Sikerma dan lain sebagainya. “Harus sesuai jadwal. Kalau data-datang lengkap, benar dan bagus, jika telat dikumpulkan juga percuma. Jadi di sini kita coba kejar untuk mensinkronkan data tersebut,” ungkapnya.

Sementara Dr. Adha menuturkan, target setiap prodi jangan sampai mengendur. “Tolong jangan lelah dan lengah mengurusi mahasiswa MBKM, melaporkan tiap fider. Kalau konversinya belum juga kejar ke prodi. Selain MBKM tadi itu, juga terkait prestasi dan segera langsung mintakan SK-nya, piagamnya dan jangan sampai menunggu karena hal ini semoga akan menjadi amal baik kita bagi Untirta,” tuturnya.(HI/AAP/VDF)