Jumat, 09 Desember 2022
Perguruan Tinggi

UNIB Fair Digelar di BIM, Pamerkan Keunggulan Fakultas dan Lembaga

<strong>UNIB Fair Digelar di BIM, Pamerkan Keunggulan Fakultas dan Lembaga</strong><strong></strong>

SETELAH dua tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19, agenda tahunan yang menjadi ajang pameran keunggulan seluruh fakultas dan lembaga selingkung UNIB, tahun 2022 ini kembali digelar dengan sangat meriah di lantai dasar Bencolen Indah Mall (BIM). Kegiatan ini diagendakan berlangsung tiga hari dan telah diresmikan oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc, Jumat siang (18/11/2022).

Rektor dan Wakil Rektor pukul dol secara simbolis pembukaan UNIB Fair 2022 (foto:hms1)

Pembukaan UNIB Fair 2022 secara simbolis ditandai pemukulan dol, alat musik tradisonal Bengkulu, oleh Rektor bersama para Wakil Rektor dan Ketua Panitia. Acara ini dihadiri para dekan, ketua-ketua lembaga dan kepala unit kerja selingkung UNIB, para mahasiswa, serta disaksikan oleh masyarakat pengunjung pusat perbelanjaan modern di Kota Bengkulu tersebut.

Berbeda dengan UNIB Fair tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dilaksanakan di dalam kampus seperti di Gedung Serba Guna (GSG), kali ini UNIB Fair dihelat di luar kampus dan mengambil tempat di lantai dasar BIM sebagai salah satu pusat keramaian Kota Bengkulu. Hal ini dimaksudkan agar keunggulan-keunggulan di masing-masing fakultas dan lembaga yang ada di UNIB lebih mudah diketahui oleh masyarakat.

Suasana UNIB Fair yang berlangsung meriah di lantai 1 Bencolen Indah Mall. (foto:hms1)

“Ini merupakan UNIB Fair pertama yang dilaksanakan di luar kampus dan tempatnya sengaja dipilih pusat keramaian. Tujuannya agar masyarakat lebih mudah mengetahui keunggulan masing-masing fakultas dan lembaga yang ada di UNIB sehingga ke depan masyarakat semakin termotivasi untuk mengkuliahkan anaknya di UNIB. Kita juga sengaja hadir ke tengah masyarakat agar masyarakat mengetahui keunggulan yang ada dan semakin bangga terhadap UNIB,” ujar Rektor ketika menyampaikan sambutan.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri ketika menympaikan sambutan. (foto:hms1

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara UNIB Fair 2022, Dr. Yar Johan, S.Pi, M.Si menjelaskan, pameran fakultas dan lembaga selingkung UNIB ini akan berlangsung hingga Minggu tanggal 20 November 2022. Tema yang diusung yaitu “Unib Unggul Indonesia Hebat.”

Selain memamerkan keunggulan-keunggulan dari masing-masing fakultas dan lembaga sesuai stand-stand yang disediakan, pada ajang ini juga dilaksanakan talk show terkait tema yang diusung dengan menghadirkan tiga pembicara, yaitu Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan), Undang Sumbaga, S.Kom (Ketua HIPMI Bengkulu), dan Leas Agustin Syaputri (Mawapres Vokasi UNIB 2022).

Ketua UNIB Fair UNIB 2022 Dr. Yar Johan, ketika menyampaikan laporan. (foto: hmas1)

Untuk memeriakan acara, panitia menyelenggarakan berbagai perlombaan bagi anak-anak mulai jenjang TK, SD, SMP dan SMA, hingga jenjang mahasiswa. Dan di sela-sela acara, juga akan diisi dengan panggung hiburan yang menampilkan berbagai kreativitas mahasiswa. Tangkai lomba yang dilaksanakan antara lain, menggambar dan merwarnai gambar, fhasion show anak-anak (PAUD/TK), lomba solo pop, lomba baca puisi, dan lomba menulis opini.

“Seluruh tangkai lomba panitia tidak memungut biaya pendaftaran alias gratis dan bagi para pemenang akan diberikan hadiah-hadiah menarik serta piagam,” ujar Dr. Yar Johan, seraya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan UNIB, kepada pihak BIM, panitia dan pihak lainnya yang telah membantu untuk kesuksesan UNIB Fair 2022.

Para dekan dan ketua-ketua lembaga selingkung UNIB hadir di UNIB Fair 2022. (foto:hms1)

Pantauan Tim Humas, usai membuka acara, Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri menyempatkan diri mengunjungi satu per satu stand pameran fakultas dan lembaga. Tampak rektor sangat gembira melihat produk-produk unggulan yang dipamerkan, bahkan di beberapa stand Rektor terlihat merogoh dompet untuk membeli produk yang Ia sukai seperti Bunga Anggrek dan Melon Parcel yang ada di stand Fakultas Pertanian.

Talk show “UNIB Unggul Indonesia Hebat” Dr. Candra dan Undang Sumbaga. (foto:hms1)

Nah, bagi masyarakat Bengkulu umumnya yang penasaran dan ingin tahu dengan keunggulan apa saja yang dimiliki fakultas dan lembaga selingkung UNIB, segeralah dapatkan jawabannya dengan mengunjungi arena UNIB Fair di Bencolen Indah Mall (BIM) Pantai Panjang Kota Bengkulu. Buruan ya ! [Penulis/Editor : Purna Herawan/Humas].

Rektor mengunjungi stand pameraan UNIB Fair 2022

Beli Melon Parcel dan Bunga Anggrek di stand Fakultas Pertanian. (foto:hms1)
Berkunjung ke stand Fakultas Ekonomi dan Binsis. (foto:hms1)
Rektor mengunjungi stand Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). (foto:hms1)
Rektor simulasi podcast di stand Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. (foto:hms1)
Rektor meninjau produk layanan unggulan LPTIK UNIB. (foto:hms1)
Rektor menpdat pelayanan kesehatan ketika berkunjung ke stand Fakultas Kedokteran. (foto:hms1.