Jumat, 09 Desember 2022
Perguruan Tinggi

700-an Penerima KIP Kuliah Ikuti Outbound LP SDM Corien Centre

<strong>700-an Penerima KIP Kuliah Ikuti Outbound LP SDM Corien Centre</strong><strong></strong>

SEBANYAK 744 mahasiswa UNIB penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah jalur apirmasi reguler, AdiK Papua, Anak TKI dan program 3T angkatan tahun 2022, mengikuti kegiatan Outbound yang diselenggarakan Bagian Kemahasiswaan UNIB bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (LP SDM) Corien Centre, di stadion UNIB, Sabtu (19/11/2022).

Wakil Rektor III ketika memeriksa barisan peserta Outbound. (foto:hms1)

Kegiatan yang mengusung tema “Bersama Mewujudkan Mahasiswa Unggul dan Berprestasi” ini dibuka Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum. Pembukaan secara simbolis ditandai dengan pelepasan sepasang burung merpati oleh Dr. Candra Irawan bersama Pimpinan LP SDM Corien Centre Anisah, S.Sos.I.

“Pelepasan sepasang burung merpati ini sebagai simbol bahwa mulai hari ini adik-adik mahasiswa bebas mencari ilmu dan pengalaman di kampus UNIB sehingga nanti diharapkan mampu menjadi mahasiswa unggul dan beprestasi, menjadi kebanggaan keluarga, serta berguna bagi Bangsa dan Negara,” ucap Dr. Candra Irawan, seraya menghamburkan burung merpati ke udara.

Penyematan tanda peserta dan pelepasan burung merpati menandai dimulainya Outbound. (foto:hms1)

Tampak hadir pada acara pembukaan Outobound ini antara lain Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Irfan Gustian, S.Si, M.Si, Kepala Biro Perencanaan, Pembelajaran dan Kemahasiswaan (PPK) Ir. Titin Rahmawati, M.si, Sub Koordinator pada Sub Bagian Kesejahteraan Mahasiswa (Kesmawa) Biro PPK, serta para Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dari beberapa fakultas selingkung UNIB.

Dalam sambutannya, Dr. Candra Irawan mengatakan, kegiatan outbound ini merupakan salah satu wadah meningkatkan silahturahmi dan sosialisasi antar mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah, untuk mengasah keterampilan dan kreativitas serta kepercayaan diri, dan dapat menjadi sarana meningkatkan motivasi untuk berprestasi.

Wakil Rektor III ketika meyampaikan sambutan dan memotivasi mahasiswa. (foto:hms1)

“Adik-adik ini merupakan generasi penerus Bangsa yang beruntung karena difasilitasi oleh Pemerintah untuk melanjutkan pendidikan dengan memberikan beasiswa dalam program KIP Kuliah. Manfaatkan kesempatan baik ini untuk belajar, menempah diri sebaik-baiknya sehingga menjadi pemimpin-pemimpin di masa depan baik pemimpin formal maupun non formal yang membawa kejayaan bagi Bangsa Indonesia,” ujar Dr. Candra seraya membakar semangat para mahasiswa.

Peserta Outbound tampak semangat dan ceria mengikuti setiap permainan edukasi. (foto:hms1)

Sementara Pimpinan LP SDM Corien Centre yang diwakili Anisah, S.Sos, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada UNIB yang telah memberikan kepercayaan kepada lembaganya untuk bekerjasama melaksanakan Outbound ini. “Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat bagi pembentukan karakter mahasiswa, menumbuhkan kemandirian dan kerjasama, mengasah kemampuan komunikasi serta problem solving yang baik sehingga ke depan dapat menjadi generasi unggul,” ujarnya.

Peserta tampak ceria, kompak dan penuh semangat mengikuti berbagai permainan. (foto:hms1)

Pantauan Tim Humas, pada Outbound ini para peserta diberikan permainan-permainan yang mengedukasi dan relevan dengan pembentukan karakter, seperti bagaimana meningkatkan kreativitas, inovasi dan bekerja keras, saling membantu dan meningkatkan solidaritas, membangun persaudaraan dan kekompakan, meningkatkan kepercayaan diri, disiplin dan ulet serta menanamkan sikap juang yang tangguh untuk menggapai keberhasilan yang diimpikan.

Para peserta tampak antusias dan sangat menikmati permainan-permainan yang dilaksanakan. Mengenakan kostum atasan putih dan bawahan hitam, para peserta tampak menyatu dalam nuansa kekompakan dan kekeluargaan. [Penulis : Purna Herawan/Humas].