Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Unisba Coba Siapkan Pembayaran Kuliah Melalui Gopay dan Hasanah Card BSI

Unisba Coba Siapkan Pembayaran Kuliah Melalui Gopay dan Hasanah Card BSI

KOMHUMAS – Universitas Islam Bandung (Unisba) terus berusaha meningkatkan pelayanannya sebagai perguruan tinggi berakreditasi Unggul. Kali ini, Unisba mencoba untuk meningkatkan pelayanan pembayaran uang kuliah melalui gopay dan khazanah card BSI. Pimpinan Unisba di bidang keuangan dan kerjasama melakukan pendekatan dengan mengundang pihak Gopay dan BSI ke rektorat pada Rabu (16/11) kemarin. Pertemuan membahas kemungkinan adanya kerjasama dalam hal pembayaran kuliah  bagi mahasiswa Unisba.

Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan SDM, Prof. Dr. Atih Rohaeti Dariah, S.E., M.Si. mengungkapkan bahwa Unisba terus meningkatkan pelayanan kepada mahasiswanya untuk mempermudah pembayaran uang kuliah dengan memberikan berbagai alternatif pilihan cara. “Kami ingin mencoba beberapa cara pembayaran yang mempermudah mahasiswa atau orangtua mahasiswa melakukan pembayaran kuliah sebagai komitmen universitas untuk terus meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan,” ujar guru besar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba tersebut.

Ia menambahkan bahwa berbagai metode pembayaran ini masih dalam pertimbangan dari segi efektivitas dan efisiensinya. Hal tersebut dikarenakan, Unisba perlu mempertimbangkan dari segi kemudahan dan juga pengawasan transaksi keuangan yang akuntabel dan transparan. “Kami tidak hanya mempertimbangkan kemudahan pembayarannya saja tetapi juga sistem yang dapat terintegrasi sehingga dapat diawasi dan terkendali dengan baik agar tidak terjadi masalah di masa depan,” jelasnya.

Nantinya, berbagai sistem pembayaran ini akan terintegrasi dengan sistem informasi atau Sisfo yang dikelola oleh bagian pengembangan sistem informasi dan teknologi (Psitek) Unisba. Kepala Bagian Psitek Agus Mumung, S.Si. menyebutkan bahwa timnya tengah mengembangkan sistem akademik dan pembayaran yang lebih terintegrasi. “Saat ini sistem akademik dan pembayaran seluruhnya telah terintegrasi di Sisfo. Namun kami terus melalukan peningkatan dan inovasi untuk mempermudah kegiatan perkuliahan, baik dari sisi akademik ataupun non akademik,” ujarnya.

Sistem pembayaran melalui berbagai cara diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam melakukan pembayaran kuliah ataupun pembayaran akademik lainnya. Gopay merupakan salah satu alternatif pembayaran digital yang telah banyak digunakan di masyarakat untuk perdagangan dan jual beli. Sementara Hasanah Card BSI menawarkan beberapa fitur pembayaran seperti cicilan 0% yang sesuai kaidah keislaman. Keduanya dianggap dapat membantu mahasiswa dalam melakukan pembayaran kegiatan akademik. Dengan sistem pembayaran dan akademik yang terus berinovasi maka Unisba dapat terus meningkatkan mutu pelayanan dan tetap menjadi perguruan tinggi Unggul dan terkemuka.***