Jumat, 09 Desember 2022
Sekolah Menengah Kejuruan

SUARA DEMOKRASI DALAM PELIHAN KETUA OSIS BERTEMAKAN “DEMOKRASI DI LINGKUNGANKU”

SUARA DEMOKRASI DALAM PELIHAN KETUA OSIS BERTEMAKAN “DEMOKRASI DI LINGKUNGANKU”

Jakarta – Pesta demokrasi tingkat sekolah dalam rangka memilih ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022-2023. SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta menyelenggarakan pemilihan umum untuk memilih ketua OSIS Periode 2022-2023, Kamis (17/11). 

Selain itu, perhelatan ini juga sejalan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ke 2 dengan Tema “Suara Demokrasi”.

Menurut Amelia Damayanti selaku salah satu komisioner KPO (Komisi Pemilihan Osis) menjelaskan sebelum kegiatan Ia telah mensosialisasikan tahapan-tahapan Pemilihan. Tahapan tersebut  mulai dari jadwal pendaftaran, verifikasi data calon, pengundian nomor urut, masa kampanye, penyampaian visi & misi kandidat, Debat, hari pencoblosan, sidang pleno penetapan ketua dan wakil ketua, sampai acara pelantikan dan sertijab (serah terima jabatan).

Kekreativitasan siswa-siswi SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta tersebut patut diacungi jembol. Di balik kegiatan Pemilu tersebut tentu tak luput campur tangan Ibu Neneng Hasanah, S.Pd selaku pembina OSIS. Saat dikonfirmasi, guru pengampu bidang studi Matematika tersebut menjelaskan bahwa dirinya hanya memberikan saran kepada siswa-siswinya untuk menyelenggarakan pemilihan OSIS berbeda dengan tahun sebelumnya dan pemilihan OSIS ini dilakukan selayaknya pemilu sebagai pembelajaran berdemokrasi.

“Mekanisme pelaksanaan pesta demokrasi kali ini sudah benar-benar mengacu pada pembelajaran yang ada di masyarakat, yakni dengan mengasaskan sistem jurdil karena siswa harus diajarkan bagaimana melaksanakan sebuah pesta demokrasi yang dapat menyalurkan pendapat dan pilihan mereka,” tegas Neneng Hasanah, selaku Pembina OSIS SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta.

Selain itu, Neneng Hasanah menegaskan bahwa perhelatan ini sejalan dengan proses pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka tentang Suara Demokrasi.

Hal senada juga disampaikan Ibu Siti Aliyah A, S.Ag selaku kepala sekolah “Kegiatan Pemilihan OSIS ini sebagai wadah pembelajaran berdemokrasi dan saling menghargai antarsesama calon. Siapapun yang terpilih nanti, program kerjanya harus didukung kandidat yang kalah”.

SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta yang mengusung tema “Demokrasi di Lingkunganku” menjadikan pemilihan ketua dan wakil ketua Osis kali ini lebih bermakna dengan keterlibatan seluruh kelas X dalam prosesnya sebagai bentuk pembelajaran.

Dalam prosesnya, pemilihan dilaksanakan sampai pukul 16.00 Wib dengan ketentuan kelas X (Fase E) menggunakan pemilihan pencoblosan manual sebanyak 381 siswa, 76 Guru dan Tu, dan untuk kelas XI dan XII menggunakan Hak Suara Elektronik sebanyak 699 siswa jadi total yang mengikuti pemilihan adalah 1156 pemilih siswa, guru, dan TU, terbagi ke dalam lima TPS.

Terdata 892 menggunakan hak suara dengan perolehan suara pada pasangan Nomor 1 sebanyak 192 suara, pasangan Nomor 2 sebanyak 85 suara, pasangan Nomor 3 sebanyak 611 suara, suara tidak sah Sebanyak 4 Suara, serta Suara Golput sebanyak 264 Suara.

Berdasarkan hasil pemungutan suara tersebut, pasangan Nomor 3 atas nama Tatia Mairani dan Naira Raisa terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta periode 2022-2023.

Semaaangaattt untuk paslon terpilihhh…..