Jumat, 09 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Elsa Ziyadaturrisqi (Mahasiswa FSM UNDIP) Juara Duta Pendidikan Putra Putri Muslim Tegal 2022

Elsa Ziyadaturrisqi (Mahasiswa FSM UNDIP) Juara Duta Pendidikan Putra Putri Muslim Tegal 2022

Di tengah kesibukannya menyelesaikan skripsi, Elsa Ziyadaturrisqi mahasiswi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro Jurusan Fisika berhasil menjadi Juara Duta Pendidikan Putra Putri Muslim Tegal 2022.

Menurut Elsa, generasi muda merupakan garda terdepan dalam membangun bangsa dan juga sebagai generasi penerus bangsa.

“Kita sebagai generasi muda harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas. Saya setuju bahwa perempuan perlu mengenyam bangku pendidikan yang tinggi. Perempuan berperan dalam menentukan generasi penerus bangsa yang terdidik karena pendidikan yang utama datang dari keluarga. Perempuan dengan latar belakang pendidikan tinggi diharapkan melahirkan generasi penerus bangsa yang berkarakter, berakhlak baik, dan berilmu. Selain itu, berorganisasi juga penting untuk melatih soft skill kita dan memperbanyak pengalaman yang mungkin belum tentu kita dapatkan setelah lulus dari universitas. Namun harus kita imbangi pula dengan prestasi akademik. Kita mesti terus semangat dalam menempuh pendidikan, mengembangkan soft skill yang kita miliki, jangan pernah takut bermimpi” ungkapnya

Selain menjabat sebagai wakil presiden Kelompok Studi Geofisika Undip 2022, ia baru saja menyelesaikan pelatihan data analys yang diselenggarakan oleh KOMINFO, mengajar les privat matematika dan fisika untuk jenjang SMA, dan juga menekuni bidang MC (Master of Ceremony). Sementara kompetisi yang pernah ia ikuti antara lain 10 besar finalis Kompetisi Business Plan 2021, lomba menulis puisi dan juga essay, Juara 1 Pameran Budaya Fisika 2021, dan Juara Duta Pendidikan Putra Putri Muslim Tegal 2022.

“Sejak SMA saya senang mengikuti kompetisi-kompetisi, pernah menjadi juara 3 Pidato Bahasa Arab tingkat karasidenan Pekalongan, juara 3 Pidato Bahasa Indonesia tingkat Kota Tegal, juara 1 Pidato Bahasa Inggris tingkat Kota Tegal, Runner Up Duta Generasi Berencana (GENRE) Kota Tegal tahun 2018, dan juara 1 KSM Fisika tingkat Kota Tegal” kenang mahasiswi semeseter 7 ini.

“Saya diterima melalui jalur SNMPTN Undip program studi fisika dan  tak menyangka bisa masuk di universitas terbaik di Jawa Tengah, tentu saya merasa sangat bangga. Di Undip saya melatih soft skill melalui organisasi seperti Intership PSDM BEM Undip tahun 2019, menjadi panitia Jawa Tengah Leadership Project dan mengikuti organisasi himpunan yaitu himpunan mahasiswa fisika dari 2020 hingga 2021. Undip banyak memberikan pengalaman berharga sehingga saya pun bisa  mendapatkan kesempatan magang di BMKG Kota Tegal. Saya juga mengikuti organisasi diluar Undip antara lain menjadi Sekretaris Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia tahun 2021. Dosen-dosen Undip luar biasa hebatnya, banyak memberikan ilmu, tidak hanya ilmu fisika saja namun ilmu-ilmu kehidupan sebagai pedoman hidup bagi mahasiswanya” pungkasnya. (Lin-Humas)