Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

SEVADA 1 UAD Angkut Gubernur Jawa Tengah dalam Muktamar ke-48 di Solo

SEVADA 1 UAD Angkut Gubernur Jawa Tengah dalam Muktamar ke-48 di Solo

Mobil Listrik SEVADA 1 buatan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membawa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (Foto: Istimewa)

Mobil listrik rancangan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) SEVADA 1 (Smart Electric Vehicle of Ahmad Dahlan) sukses tampil di gelaran Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 dengan dinaiki oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (19-11-2022). Bertempat di Solo, Ganjar berkesempatan menaiki SEVADA 1 ketika sesi pembukaan Muktamar.

SEVADA 1 sendiri memang dikembangkan oleh UAD dalam rangka menyukseskan Muktamar 48. Tim pengembang terdiri atas Dr. Budi Santosa, M.Pd., Agung Kristanto, S.T., M.T., Ph.D., Adhy Kurnia Triatmaja, S.Pd., M.Pd., Purnawan, S.Pd.T., M.Pd., Arsyad Cahya Subrata, S.T., M.T., serta Hendril Satrian Purnama, S.T. Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. berperan sebagai advisor dan co-advisor dipegang oleh Utik Bidayati, S.E., M.M.

Rektor UAD mengaku sangat bangga dengan pencapaian ini dan berterima kasih kepada tim pengembang SEVADA 1 yang telah bekerja keras melakukan perancangan. “Penciptaan mobil listrik merupakan langkah UAD untuk mendukung Muktamar 48. Berbeda dengan gelaran sebelumnya, Muktamar kali ini sarat dengan teknologi,” terang Muchlas.

SEVADA 1 merupakan sebuah mobil listrik pintar dengan kapasitas penumpang 6 orang yang dilengkapi dengan monitoring melalui aplikasi Android. Dengan ditenagai daya BLDC electric motor 72V/7.5kw, mobil ini diperkirakan mampu menempuh jarak hingga 80 kilometer dalam 1 kali pengisian daya penuh. SEVADA 1  juga dirancang agar memiliki sistem komunikasi yang dapat mengenali posisi, kecepatan, dan waktu pengereman terhadap mobil lain yang berada di sekitar untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan.

Seperti yang disampaikan oleh Rektor UAD, rancangan mobil listrik ini merupakan satu dari sekian langkah yang akan terus dilakukan oleh UAD dalam mendukung dakwah persyarikatan. Selamat dan sukses Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48! (tsa)

uad.ac.id