Jumat, 09 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Open House Puspresma FS; Ajak Mahasiswa untuk Berprestasi

Open House Puspresma FS; Ajak Mahasiswa untuk Berprestasi
image_pdf

Menjadi mahasiswa yang memiliki segudang prestasi dalam segala bidang adalah mimpi setiap orang yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di universitas. Namun, informasi mengenai event lomba dan teknis pelaksanaannya belum tersebar secara masih. Dengan alasan inilah, Pusat Prestasi Mahasiswa (Pusprema) Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar acara Open House pada Minggu (20/11) di Aula gedung D3 UM.

Acara yang mengusung tema “Building your life in university: where to begin?” ini, bertujuan mengenalkan sekaligus memberikan informasi tentang event lomba yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan bagaimana cara untuk memotivasi diri agar bisa berprestasi. 3 pemateri yang diundang untuk mengisi pada acara ini adalah: Sopingi, S.Sos., M.Pd., Rully Aprilia Zandra, S.Pd., M.Pd., M.Sn., dan Bunga Almia Gane Sari Santina Putri.

Dalam kesempatan ini, Rully Aprilia Zandra, salah satu dosen dari jurusan seni dan desain banyak menjelaskan tentang bagaimana cara memaksimalkan skill yang telah kita punya untuk menciptakan prestasi dan karir di masa depan. “Milikilah personal time dan coba diingat kamu itu dikenal sebagai jago apa oleh orang lain dan orang lain itu biasanya datang ke kamu untuk minta bantuan apa? Kalau sudah tahu apa potensi yang kamu miliki, maksimalkan hingga menjadi profesional sehingga bisa menunjangmu dalam berkarir,” ungkap Pak Zandra.

Disamping itu, Sopingi, S.Sos., M.Pd., yang merupakan salah satu reviewer nasional dan juri Pimnas ini menjelaskan bagaimana strategi agar menjadi mahasiswa yang berprestasi. “Mahasiswa yang berprestasi harus memiliki tiga karakter utama, yakni: tangguh, kreativitas dan kelembutan. Ketiganya harus balance agar bisa from zero to hero,” ujarnya.

Pemaparan materi selanjutnya dilakukan oleh Bunga Almia yang memberikan penjelasan tentang Pusprema FS. “Puspresma FS adalah rumah bagi seluruh mahasiswa FS yang memiliki keinginan untuk berprestasi. Kalian semua bisa mencari informasi, bantuan hingga pendampingan untuk mengikuti event lomba yang digelar oleh Puspresnas ataupun yang lainnya. Kami sangat terbuka bagi siapapun karena kita adalah keluarga besar FS UM,” pungkas Bunga.

Kegiatan ditutup dengan sesi visit divisi yang ada di Puspresma FS, dengan tujuan para peserta yang hadir bisa lebih mengenal secara mendalam tentang program lomba yang dinaungi oleh tiap-tiap divisi. 

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.