Selasa, 29 November 2022
Perguruan Tinggi

FK UM Telah Memperoleh Approve dari KKI

FK UM Telah Memperoleh Approve dari KKI
image_pdf

Persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Malang (FK UM) semakin matang. Seluruh persiapan mulai dari administrasi hingga fasilitas sudah mencapai 70%. Hingga kemarin ketika melakukan presentasi dalam acara Desk Evaluation Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) pada Jum`at (18/11) di Aula lantai 9 Graha Rektorat UM, FK UM telah mendapatkan approve dari KKI untuk diajukan ke Siaga (Sistem Informasi Kelembagaan) dan bisa menerima mahasiswa baru pada tahun 2023.

Dalam presentasi tersebut, dr. Erianto Fananni, S.Ked., M.KKK., menjelaskan secara detail tentang visi dan misi FK UM yang memiliki ciri khas kedokteran olahraga, kurikulum, fasilitas, rumah sakit pendidikan, dan wahana belajar. “Visi FK UM salah satunya adalah untuk menciptakan dokter yang profesional serta mampu membantu menyumbang jumlah dokter di Indonesia, terutama dokter keolahragaan. Kami juga telah melakukan analisis secara SWOT untuk rencana pendirian ini, dengan rincian Strength; UM sudah menjadi PTN-BH dan akan menjadi satu-satunya FK yang berbasis keolahragaan, Weakness; akan banyak institusi lain yang mendirikan FK,” jelas dr. Eri.

“Sedangkan untuk Opportunities; perbandingan jumlah ketersediaan dokter dengan kebutuhan dokter di Indonesia belum memenuhi rasio yang masuk akal dan masih sedikit dokter yang memiliki latar belakang olahraga, Threats; UM belum berpengalaman dalam mengelola FK. Namun dari seluruh analisis yang kami sampaikan ini, kami optimis UM mampu untuk mendirikan FK dan bersaing di dunia global,” lanjut dr Eri.

Menanggapi hasil presentasi yang telah dilakukan oleh UM, Ketua KKI, dr. Putu Moda Asrana, Sp.PD-KEMD., FINASIM., memberikan persetujuan dan beberapa catatan untuk dokumen pendirian FK UM. “Saya sudah setuju dan siap membantu untuk melanjutkan pendaftaran FK UM di Siaga. Semua catatan yang telah kami berikan segera diselesaikan dalam minggu ini sehingga bulan depan, kami bisa melakukan visitasi fasilitas FK UM,” ungkapnya

Rektor UM, Wakil Rektor I, Wakil Rektor IV dan seluruh undangan yang hadir dalam agenda Desk Evaluation merasa lega dengan hasil dan persetujuan pendirian FK UM oleh KKI. Selanjutnya seluruh tim yang terlibat dalam proses pendirian FK UM, baik dari tim dokumen maupun tim teknis ini akan melakukan workshop lanjutan untuk finishing di hari Senin dan Selasa depan.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM