Kamis, 08 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Dua Karya Inovasi Dosen UNNES Jadi Juara Pada Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Digital Olahraga

Dua karya inovasi dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil menjadi juara pada Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Digital Olahraga yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) pada bulan oktober -november 2022.

Pada kompetisi ini inovasi karya dosen UNNES berhasil mendapatkan 2 prestasi, yaitu Juara 1 kategori Pendidikan dan Juara 2 kategori Prestasi.

Pada kategori pendidikan, inovasi berjudul “Move n Fun” hasil kolaborasi Dosen Pendidikan Jasmai, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR),  Donny Wira Yudha Kusuma M.Pd PhD dan Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) Dr Wandah Wibawanto SSn MDs.

Move n Fun merupakan game mobile berbasis Android yang menggunakan sistem deteksi gerak dan sistem deteksi lokasi (geolokasi) sebagai input permainan. Pemain akan mendapatkan misi untuk mengalahkan monster dengan cara melakukan gerakan-gerakan lokomotor seperti melompat, menggerakkan tangan dan kaki, berlari atau gerakan-gerakan dasar lainnya. Inovasi ini menggunakan sensor accelerometer dan sensor GPS yang ada di HP android.

Pada kategori prestasi, inovasi yang diikutsertakan adalah Jump A, yaitu sebuah teknologi untuk mengukur kekuatan lompatan.

Inovasi ini menggunakan perangkat yang diletakkan pada bagian kaki penggunanya, dan dapat mengirimkan data ke aplikasi mobile untuk mengetahui seberapa tinggi lompatan, dan seberapa besar kekuatan lompat. Inovasi karya Dr Andry Akhiruyanto SPd MPd dapat menunjukkan statistik dan diagram lompatan.

Kompetisi yang diselenggrakan Kemenpora RI merupakan kompetisi yang menampilkan inovasi-inovasi unggulan di bidang keolahragaan. Terdapat 3 kategori lomba, yaitu kategori Pendidikan, kategori Prestasi dan Kategori Olahraga Masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh 56 inovasi dari berbagai perguruan tinggi nasional dan tim independen, yang selanjutnya diseleksi menjadi masing-masing 3 nominasi di setiap kategori.