Selasa, 29 November 2022
Sekolah Menengah Atas

Siswa SMAN 40 Jakarta olah Sampah Tutup Botol Plastik jadi Ecobrick

Siswa SMAN 40 Jakarta olah Sampah Tutup Botol Plastik jadi Ecobrick

Jakarta – Sampah plastik adalah sampah yang paling dekat dengan masyarakat, hampir disetiap kegiatan setidaknya melibatkan penggunaan plastik. Misalnya, ketika peserta didik jajan di kantin sekolah membeli minuman dengan kemasan botol plastik. Hal tersebut menimbulkan tingginya angka plastik yang terkumpul di penampungan sampah karena hanya bersifat sekali pakai lalu dibuang.

Ternyata solusi untuk mendaur ulang sampah plastik khususnya sampah botol minuman adalah dengan membuat ECOBRICK. Ecobrick adalah solusi dengan energi yang rendah dan pemanfaatan sampah plastik yang tidak berguna lagi, karena sampah plastik akan membutuhkan waktu ribuan tahun untuk terurai. Salah satu kegiatan Ecobrick yang dilakukan oleh siswa/i bersama guru adalah membuat tulisan di spanduk menggunakan tutup botol bekas.

Pepatah mengatakan :Ecobrick tidak dapat mengurangi jumlah sampah, namun dengan membuat ecobrick botol plastik bekas dapat diubah menjadi sesuatu karya yang lebih visioner” Russell Maier penggagas pembuatan Ecobrick asal Kanada