Kamis, 08 Desember 2022
Perguruan Tinggi

UB Tuan Rumah Kompetisi Gemastik XV

UB Tuan Rumah Kompetisi Gemastik XV

Universitas Brawijaya (UB) menjadi tuan rumah Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XV. Pagelaran dibuka oleh Rektor UB Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc, ditandai dengan pemukulan Gong di Gedung Samantha Krida, Selasa (22/11/2022).

Dalam sambutannya, Prof. Widodo mengatakan di era perkembangan teknologi seperti saat ini jika tidak mampu beradaptasi dengan revolusi maka akan tertinggal dan hanya mampu menjadi follower atau pengikut saja.

“Sekarang saatnya era teknologi informasi. Apapun informasi dari seluruh dunia ada di handphone kita. Oleh karena itu, kedepan dibutuhkan generasi inovasi dan informasi yang bisa menjadi pemimpin perubahan peradaban dunia. Sehingga kita harus mampu menjadi player atau pemain dalam perkembangan informasi dan teknologi dan bukan follower,”katanya.

Senada dengan Rektor UB, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si., menambahkan GEMASTIK  yang merupakan program Puspresnas kali ini bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia dalam  memajukan TIK serta pemanfaatannya baik pada masa studi atau kelak lulus studi.

“Kompetisi GEMASTIK bertujuan mendorong mahasiswa berkompetisi menciptakan sebuah inovasi di era revolusi industri 4.0. Kompetisi ini selain melatih mahasiswa dalam bidang soft skill akan membentuk rasa kerjasama dalam diri mahasiswa.  Hal ini karena Kompetisi GEMASTIK dikerjakan dengan tim. GEMASTIK yang di gelar untuk ke-15 kali ini mempunyai moto TIK untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Cepat,”katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Sekretariat Jenderal Kemendikbud Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si mengatakan setiap inovasi yang dihasilkan di GEMASTIK diharapkan tidak hanya berhenti namun  berkelanjutan hingga bisa dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa UB. Prof. Dr. ABdul Hakim.,M.Si Menerima Piala Begilir dari Puspresnas

“GEMASTIK untuk kecerdasan intelektual dan  spirtual generasi muda. Harapannya mereka bisa menciptakan tidak hanya kota cerdas (smart city) tapi bisa membangun desa cerdas dan berguna untuk masyarakat. Mari bergerak mewujudkan Merdeka Belajar,”katanya.

Dalam GEMASTIK XV kali ini ada sebanyak 224 finalis yang telah diseleksi dari 2885 peserta.

224 tim dari 56 perguruan tinggi di Indonesia tersebut akan bersaing pada 11 cabang lomba GEMASTIK, yaitu pemrograman, keamanan siber, penambangan data, desain pengalaman pengguna, animasi, kota cerdas, karya tulis ilmiah, pengembangan perangkat lunak, piranti cerdas system benam dan IOT, pengembangan aplikasi permainan, dan pengembangan bisnis TIK.

Pada pembukaan GEMASTIK XV, diikuti  penyerahan piala bergilir dari ITS sebagai juara umum kepada Puspresnas. Dan dari Puspresnas diserahkan kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa UB. Prof. Dr. ABdul Hakim.,M.Si untuk diperebutkan kembali dalam ajang lomba Gemastik tahun 2022 ke XV di UB. (Oky/Humas UB).