Minggu, 27 November 2022
Sekolah Menengah Kejuruan

Workshop Penyusunan Program Anti Perundungan

Workshop Penyusunan Program Anti Perundungan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bu Wikan Putri Larasati MPsi. Psikolog selaku Narasumber dan dihadiri oleh Bapak Ibu Guru serta Para Siswa/i

Kegiatan Workshop ini menjelaskan mengenai Bentuk Bentuk Bullying, Dampak, Penanganan, Pencegahan Bullying serta Pengertian Self Esteem atau Koneksi Emotional.

Dimana Pengertian Perundungan sendiri adalah Tindak Kekerasan / Agresif yang dilakukan dengan sengaja oleh satu atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain.

Bentuk Bentuk Bullying sendiri bisa berupa :
• Fisik, Seperti dipukul, ditendang dan Bentuk serangan fisik lainnya termasuk pula pengrusakan properti.
• Verbal, Seperti memeras, intimidasi, ancaman Kekerasan, panggilan nama tertentu, ejekan / komentar rasis, bahasa bernada seksual, ejekan / membuat komentar kejam.
• Relasional, Seperti menyebarkan komentar negatif, mengabaikan dan mengisolasi seseorang dalam suatu kelompok.

Bu Wikan juga menjelaskan mengenai sikap Asertif yang dimana pengertian Asertif sendiri adalah sikap mampu berkomunikasi dengan jujur dan tegas, namun tetap menghargai dan menjaga perasaan orang lain.

Workshop ini mengajari untuk menjadi pribadi yang asertif dan berani menjadi Upstander, dimana upstander itu sendiri berarti orang yang melihat bullying dan melakukan intervensi, interupsi, berani berkata ” Stop “

Semoga dengan kegiatan workshop ini Para Peserta ( Ibu dan Bapak Guru, Agen Perubahan serta IPM ) dapat mengimplementasikan program anti perundungan ini ke seluruh Siswa/I SMK Muhammadiyah 1 dengan harapan agar sekolah dapat tercipta rasa aman, nyaman dan terhindar dari bullying.