Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

UI dan Bank Jateng Kerja Sama Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat

UI dan Bank Jateng Kerja Sama Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat

Salah satu upaya dalam memberikan dampak bagi masyarakat dan negara, perguruan tinggi harus terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra. Untuk itu, Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Bank Jateng melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta pemanfaatan produk dan layanan perbankan, pada Selasa (22/11). Kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D., dan Direktur Utama Bank Jateng, Supriyanto di Gedung Pusat Administrasi, Kampus UI, Depok.

Dalam pidato sambutannya, Prof. Ari menyambut baik kunjungan tersebut dan berharap akan meningkatkan hubungan kerja sama antara UI dengan Bank Jateng dalam bidang akademik, teknologi, dan riset dalam mendukung terwujudnya Tri Dharma Perguruan Tinggi dan perbankan. “Salah satu tuntutan bagi lembaga pendidikan tinggi untuk memberikan dampak pada pemerintah masyarakat itu termasuk di industri. Seperti kita ketahui bahwa dunia sedang berubah, terutama sejak perebutan supremasi yang merubah konfigurasi dari rantai pasokan dunia yang memerlukan pihak ketiga sentral. Ini adalah suatu kesempatan untuk menganalisis kekurangan UI dan pengembangan riset & inovasi bersama Bank Jateng. UI mempunyai kompetensi dalam membantu mendukung prioritas dari Bank Jateng, seperti riset yang dapat dilakukan sebagai output dari kerja sama ini yang didukung oleh sistem keuangan. Diharapkan kedua belah pihak dapat bekerja sama dalam memajukan Indonesia,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Bank Jateng, Supriyanto menambahkan bahwa pihaknya akan mendukung kerja sama antara Bank Jateng dengan UI dimana salah satunya dapat memberikan kemudahan mahasiswa Jateng di UI. “UI menjadi salah satu universitas terbaik yang masuk di berbagai ranking dunia, berdasarkan hal tersebut membuat kami terdorong untuk ikut mendukung pembangunan di UI dan Indonesia, khususnya Jawa Tengah,” kata Supriyanto.

Turut hadir pihak UI dalam pertemuan tersebut, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA.; Direktur Kerja Sama, Dr. Toto Pranoto; Kasubdit Kerjasama Bisnis, Andri Syahreza, S.E.; Direktur Keuangan dan Akuntansi, Dwi Astuti Rosmianingrum Nainggolan, S.E., M.B.A.; Plt. Direktur Sistem dan Teknologi Informasi, Daru Widya Kusumo, S.Kom.; Kepala Biro Legislasi dan Layanan Hukum, Sony M. Sikumbang, S.H., M.H.; Kepala Biro Humas dan KIP, Dra. Amelita Lusia, M.Si.; Direktur PT UI Advisory, Firdaus Rosean Rony, CMA, M.Acct.; dan Direktur DM (PT Daya Makara) Fakhrudin, M.Si.

Sementara dari perwakilan dari Bank Jateng turut hadir, diantaranya Direktur Bisnis Kelembagaan, Treasuri dan Unit Usaha Syariah, Ony Suharsono; Eksekutif Senior TSI, Yudiana Mustari; Sekretaris Perusahaan, Herry Nunggal Supriyadi; Kepala Divisi bisnis konsumer, VC Dyah Ratri; Wakil Kepala Divisi kelembagaan dan transaction banking, Agus Hastono; dan Pemimpin Cabang Jakarta, Wasito Adi Waluyo.