Minggu, 27 November 2022
Sekolah Menengah Atas

SEMINAR ANTI BULLYING – PROJEK P5 – SMAN 1 NGLUWAR

SEMINAR ANTI BULLYING – PROJEK P5 – SMAN 1 NGLUWAR

Salah satu aktivitas yang dilaksanakan dalam rangkaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bangunlah Jiwa dan raganya di SMAN 1 Ngluwar adalah Seminar Anti Perundungan. Pada seminar kali ini, SMAN1 Ngluwar  menghadirkan narasumber Ibu Septi Ambarwati, S.Si, M.Pd. Si, yang merupakan founder  Komunitas Ibu Peduli Bullying. Kegiatan seminar digelar pada hari Senin, 7 November 2022 di Aula SMAN 1 Ngluwar.

Dalam sambutannya, Bp. Hadi Widodo S.Pd selaku wakil kepala sekolah menyatakan bahwa sosialisasi ini memberikan informasi kepada para peserta didik mengenai pemahaman, penyebab dan dampak dari Perundungan, dan bertujuan  agar generasi muda yang masih produktif dalam berkarya bisa membentengi diri sehingga tidak terjerumus dan menghancurkan masa depannya.

Pada kegiatan ini, siswa/(i) Fase E mendapatkan sosialisasi dan informasi bermanfaat dari Ibu Septi Ambarwati yang bertujuan agar seluruh siswa dan elemen sekolah bersama-sama memerangi perundungan. Selanjutnya siswa diajak mengenali dan memahami serta memecahkan permasalahan tentang bullying atau perundungan. Mengapa banyak terjadi di lingkungan? Bagaimana upaya pencegahannya? Tindakan apa yang semestinya dilakukan siswa melawan bullying atau  perundungan?

Adapun dimensi profil pelajar Pancasila yang diharapkan dapat dikembangkan pada aktivitas ini adalah dimensi (1) dimensi Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, (2) Mandiri, dan (3) Bernalar Kritis. Diharapkan  kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter positif baik bagi siswa maupun pemangku kepentingan lainnya agar sekolah menjadi tempat belajar yang nyaman tanpa adanya aktivitas perundungan.

Semoga dengan adanya sosialisasi ini peserta didik dapat menepis berbagai hal-hal negatif yang ada di lingkungannya dan mampu memproteksi diri sehingga menjadi kaum milenial yang akan memajukan bangsa ini di kemudian hari.