Minggu, 27 November 2022
Sekolah Menengah Atas

Pesantren Ramadhan 2022

Pesantren Ramadhan 2022

Kegiatan Pesantren Ramadan Tahun 2022 Guna Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Siswa SMA Negeri 6 Pekanbaru

Pengarahan dari Kepala SMAN 6 Pekanbaru’ Bunda Dra. Hj. Zurina, MM

“Kegiatan pesantren kilat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan SMAN 6 Pekanbaru untuk belajar agama secara mendalam, dalam waktu yang tidak terlalu lama, adapun kegitan selama pesantren kilat adalah Tausiah, Tadarus, Shalat Dhuha dan Shalat Zuhur berjamaah

Adapun Tujuan diadakan pesantren Ramadhan / pesantren Kilat beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Pemahaman Tentang Agama Islam

Tujuan yang pertama dari diadakannya kegiatan pesantren kilat di SMA Negeri 6 Pekanbaru, adalah agar bisa meningkatkan pemahaman tentang agama Islam bagi para siswa. Kemudian, pemahaman agama Islam yang diajarkan di dalam pesantren kilat ini diharapkan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, setiap ajaran yang diajarkan pada kegiatan pesantren kilat juga diharapkan dapat menjadikan para siswa lebih beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

2. Memperdalam Serta Memantapkan Tentang Agama Islam

Tujuan berikutnya dari adanya kegiatan pesantren kilat adalah agar para siswa bisa lebih mudah dalam mendalami dan juga memantapkan serta meningkatkan ajaran agama Islam. Ajaran yang ada di dalam kegiatan pesantren kilat adalah seperti keimanan, ibadah, akhlak dan juga materi Al Quran.

3. Menerapkan Ajaran Agama Islam Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tujuan yang ketiga dari adanya kegiatan pesantren kilat adalah agar para siswa bisa menerapkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan pesantren kilat diharapkan bisa membentuk suatu mental spiritual, religius, tangguh dalam menghadapi setiap tantangan negatif, baik itu yang hadir dari dalam diri sendiri maupun dari luar.