Kamis, 08 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Tim DM Gencarkan GRADASI pada Siswa Sekolah Dasar

Tim DM Gencarkan GRADASI pada Siswa Sekolah Dasar

Tim Doktor Mengabdi (DM) berkolaborasi dengan Himpunan Penggiat Adiwiyata Nasional Malang melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan kegiatan Gerakan Sedekah Sampah Indonesia (GRADASI). GRADASI bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengurangi sampah melalui pendekatan keagamaan sekaligus mengedukasi masyarakat bagaimana memilah sesuai dengan jenis yang dihasilkan.

GRADASI atau Gerakan Sedekah Sampah Indonesia merupakan suatu program yang dilakukan pemerintah sebagai bentuk upaya penanganan masalah sampah yang ada di Indonesia, khususnya mengenai sampah laut yang didominasi sampah anorganik.

Pada mulanya, program GRADASI hanya dilakukan di masjid-masjid dengan prinsip menyedekahkan sampahnya untuk kepentingan dan keperluan bersama di masjid.

Saat ini program program GRADASI telah dilakukan di empat sekolah wilayah Kota Malang dari bulan Juli 2022.

Ketua Pelaksana Kegiatan Doktor Mengabdi Dr. Riyanti Isaskar, S.P., M.Si menjelaskan sekolah sebagai tempat pembentukan karakter berpotensi untuk dapat menerapkan GRADASI agar membentuk pola perilaku siswa yang peduli terhadap lingkungan sedari dini.

Program ini dipandu dengan satu sekolah predikat Adiwiyata Nasional yaitu SMK Negeri 6 Malang yang dibarengi dengan 3 sekolah sebagai pilot project antara lain SD Negeri Bumiayu 1, SMP Katolik Santa Maria 1 Malang, dan SMA Nasional.

Program GRADASI dilakukan di tiga sekolah setiap seminggu sekali dengan pengangkutan sampah di akhir bulan.

Pengangkutan dilakukan di akhir bulan untuk mengoptimalkan total sedekah sampah yang ada di sekolah. Sementara ini, pengangkutan dilakukan oleh bank sampah, namun untuk selanjutnya pengangkutan di setiap sekolah akan bekerja sama dengan SMK Negeri 6 Malang dan diharapkan bisa dilakukan setiap minggu.

“Dengan adanya program GRADASI di sekolah, harapannya dapat membantu sekolah dalam meningkatkan eco-literasi mengenai pemilahan sampah anorganik di sekolah dan menanamkan sikap peduli dengan sesama,”kata salah satu mahasiswa KKN Mega Safitri.

Untuk mendukung program GRADASI agar terus berkelanjutan tim KKN-DM berupaya mengoptimalkan membangun semangat siswa dan sekolah melalui penyerahan “KOTAK GRADASI” untuk sekolah.

Pihak sekolah dan siswa sangat antusias berkomitmen akan terus melaksanakan program GRADASI sebagai ajang menuju Adiwiyata dan sangat berterima kasih telah memilih sekolah untuk pelaksanaan Program GRADASI untuk pertama kalinya di kota Malang.

“Diharapakan melalui gerakan ini, masyarakat menjadi menyadari sampah dapat disedekahkan dan tidak hanya memiliki nilai secara finansial namun juga memiliki nilai sosial karena dapat menjadi wadah untuk membantu sesama yang dikemas melalui pemilahan dan pengolahan sampah,”kata Riyanti.

Tim Doktor Mengabdi terdiri dari Dr. Riyanti Isaskar, SP., M.Si., Dr. Arie Srihardyastutie, S.Si., M.Kes; Yusri Fajar, M.A., Destyana Elingga Pratiwi, SP., MP., MBA., dan Vi’in Ayu Pertiwi, SP., MP.