Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Wisuda 1271 Lulusan, Harus Jadi Warna Baru di Masyarakat dan Dunia Kerja

Rektor Wisuda 1271 Lulusan, Harus Jadi Warna Baru di Masyarakat dan Dunia Kerja

Universitas Negeri Medan menggelar upacara wisuda periode November 2022 secara blended, secara daring melalui Zoom Meeting dan Streaming Youtube dan secara luring terbatas yang dilaksanakan di Ruang Sidang A Gedung Pusat Administrasi Universitas Negeri Medan pada Rabu, (23/11). Dalam acara tersebut juga dilakukan penyampaian orasi ilmiah dari Ketua Senat Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

Upacara wisuda tersebut dibuka oleh Rektor Unimed, Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dan dihadiri oleh Senat Universitas, Dekan, Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana, Guru Besar,  Kepala Lembaga, Kepala Biro, Fungsionaris Unimed, dan Wisudawan Unimed.

Pada Wisuda periode ini, Universitas Negeri Medan mewisuda  1271  wisudawan, yang berasal dari Lulusan Program Pascasarjana sebanyak 75 orang, Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan sebanyak 197 orang, Lulusan Fakultas Bahasa dan Seni sebanyak 221 orang, Lulusan Fakultas Ilmu Sosial sebanyak 143orang, Lulusan Fakutas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak 249 orang, Lulusan Fakultas Teknik sebanyak 127 orang, Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan sebanyak 63 orang dan Lulusan Fakultas Ekonomi sebanyak 197 orang.

Adapun lulusan terbaik Unimed periode November 2022 adalah : Puji Hariati  dengan IPK 4,00 dari S-3/ Linguistik Terapan Bahasa Inggris, Donna Helen br. Rajagukguk  dengan IPK 4,00 dari S-2/Fisika, Indah Reina Shalma dengan IPK 3,84 dari  S-1/Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Trya Syaharani dengan IPK 3,97 dari S-1/Pendidikan Bahasa Prancis, Dwiki Li dengan IPK 3,97 dari S-1/Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bertha Oktavika Sembiring dengan IPK 3,88 dari S-1/Bilingual Pendidikan Matematika, Gabriella Fatma Ramadhan dengan IPK 3.65 dari S-1/Teknik Sipil, Nico Andrianus dengan IPK 3,00 dari D-3/Teknik Sipil, Raihan Nuha Aata dengan IPK 3,64 dari S-1/Ilmu Keolahragaan, Indah Nurdilla. K dengan IPK 3,87 dari S-1/Pendidikan Ekonomi.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengucapkan mengucapkan selamat kepada 1271 wisudawan atas kelulusan dan gelar akademik yang telah diraih sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.  Upacara wisuda yang saudara ikuti ini, bukan menyatakan bahwa masa belajar Saudara telah berakhir. Justru harus Saudara jadikan sebagai titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah Saudara miliki selama studi di Unimed.

Gelar akademik dan keahlian yang telah Saudara peroleh harus menjadi modal yang dapat memberi kesempatan lebih besar kepada Saudara untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup. Kami mengajak semua para wisudawan yang diwisuda hari ini, agar saudara dapat melanjutkan studi kejenjang S2 dan S3, untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dan skill yang lebih mahir dan profesional, agar tetap dapat bersaing di dunia kerja yang kompetitif. Unimed saat ini telah memiliki 6 Program Doktor, dan 19 Program Magister yang terus berkembang. Melalui acara wisuda yang berbahagia ini, kami mengundang para wisudawan untuk kembali melanjutkan studi pada Program Doktor dan Magister yang ada di kampus kebanggaan kita Universitas Negeri Medan.

Di era revolusi industri dan era society 5.0, dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Saudara para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill dibidang IT dan bahasa Inggris. Semua aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan kita sudah berbasis IT. Dengan berbagai aktivitas akademik yang saudara lalui di Unimed, yang telah membentuk saudara menjadi lulusan unggul yang memiliki kompetensi, skill dan keahlian sesuai bidang ilmu yang saudara tekuni. Kami berharap saudara secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri berbasis digital. Agar saudara terus mampu bersaing didunia kerja yang semakin kompetitif. Masyarakat menaruh harapan besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan.

Selanjutnya Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. menyampaikan, Saat ini kami pimpinan Universitas Negeri Medan, sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen dan mempertajam relevansi kurikulum dengan dunia kerja melalui penyusunan kurikulum Outcomes Based Education (OBE), dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja. Sebagai upaya mempersiapkan lulusan yang handal, bermutu dan mampu bersaing di dunia kerja, serta kita siapkan tahun depan ada beberapa Program Studi yang berhasil memperoleh akreditasi internasional. Kita juga sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Alhamdulilah, melalui program MBKM, 374 mahasiswa Unimed berhasil lolos untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai perusahaan besar, dunia industri dan perbankkan. Setiap semester, ratusan mahasiswa Unimed kuliah satu semester di kampus terbaik di Indonesia dan beberapa kampus terbaik dunia, untuk semester ini ada 322 mahasiswa Unimed yang sedang mengikuti kuliah diberbagai kampus terbaik di Indonesia, dan ada 3 orang mahasiswa yang sedang kuliah 1 semester di Eropa pada program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award). Begitu juga program kampus mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini, ada 806 mahasiswa yang berperan aktif dalam program kampus mengajar di berbagai pelosok tanah air.

Dengan berbagai tantangan, mahasiswa Unimed untuk terus berbuat dan mengejar prestasi, serta mengabdi untuk negeri tercinta Indonesia. Mahasiswa Unimed juga berhasil meraih beberapa Medali Emas di ajang Perparasi Nasional di Semarang 9 November 2022 yg lalu. 7 PKM mahasiswa Unimed berhasil lolos ke PIMNAS 35 di Malang, dan telah menyisihkan ribuan mahasiswa dari semua perguruan tinggi di Indonesia. Mahasiswa FBS meraih juara 2 nasional menulis cerpen di Peksiminas di Malang Oktober 2022 kemarin, Mahasiswa FMIPA meraih 4 medali di ajang PKM AMLI Oktober yang lalu, mahasiswa FIP raih juara 2 nasional kompetisi gerak dan lagu di UNY dan ratusan prestasi mahasiswa lainnya di tingkat nasional dan internasional. Akreditasi program studi di lingkungan Unimed saat ini, alhamdulilah 62 % sudah terakreditasi Unggul/A. Kami berharap lulusan Unimed kedepan akan terus bermutu, berdaya saing dan tetap dinanti oleh dunia kerja.

Dalam orasi ilmiahnya, Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wati yang dikukuhkan pada hari ini dan juga kepada orangtua wisudawan yang berbahagia. Ia juga memotivasi para lulusan Unimed dalam menghadapi  persaingan  global dan menyampaikan bahwa Negara yang kuat adalah Negara yang mampu menerima respon oleh lulusan perguruan tinggi  yang memiliki etos dan etika kewargaanegaraan. Kebebasan suatu negara tidak ditentukan oleh seberapa luas wilayahnya dan seberapa banyak penduduknya kecuali kesanggupan mengembangkan pengetahuan. Negara kaya tidak memiliki universitas yang miskin dan kapasitas suatu bangsa diukur dari PDB atau kekuatan militer tetapi tidak bisa mengabaikan kekuatan pendidikan khususnya perguruan tinggi bagi kegemilangan Negara dan  kekuatan ekonomi. Kebangkitan dan kejatuhan  suatu Negara karena perguruan tinggi yang bisa memberikan  dua produk yaitu: 1. Manusia baru 2. Lulusan yang inovatif dan inovasi. Serta 4 musuh abadi di bumi ini yaitu :1. kemiskinan  2.  kebodohan  3. Ketertinggalan peradaban  4. ketidak adilan. Karena itu marilah kita  bekerja sama dan sama -sama berkembang tidak ada persaingan dan menjadi  orang yang open minded, kreatif dan mempertajam hobi agar bisa survive di masa depan.(Humas Unimed)