Minggu, 27 November 2022
Sekolah Menengah Atas

SMANSIX Berbagi

SMANSIX Berbagi

MARHABBAN YA RAMADHAN 1443 H MATAHARI SMANSIX BERBAGI

Dari Keluarga Besar SMAN 6 Pekanbaru dan IKBAL (Ikatan kelaurga Besar Alumni)

SMAN 6 Pekanbaru, memberikan santunan paket sembako kepada siswa yang membutuhkan serta masyarakat sekitar yang berhak menerimanya, Jumat (22/04/2022). Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama umat Muslim. Kepala SMAN 6 Pekanbaru, Dra Hj Zurina MM mengatakan, sebelumnya siswa SMAN 6 Pekanbaru telah mengadakan pesantren dan penutupannya diisi dengan tausiah agama oleh ustad Ci Ifan. Kegiatan pesantren kilat bertujuan meningkatkan keberhasilan dan ketaqwaan serta berbudi pekerti luhur.  

“Kegiatan pesantren kilat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan SMAN 6 Pekanbaru untuk belajar agama secara mendalam, dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sekecil apapun harta yang disedekahkan dengan ikhlas niscaya akan tampak dasyatnya balasan dari-Nya. Dan kegiatan ini selalu kami laksanakan setiap tahun,” kata Bunda Zurina.

Bunda Zurina menambahkan, adapun kegitan selama pesantren kilat, Tausiah, Tadarus, Shalat Dhuha dan Shalat Zuhur berjamaah. Sementara, untuk siswa dan masyarakat sekitar yang menerima paket sembako sebanyak 60 orang

“Pembagian sembako ini dimaksudkan untuk meringankan beban siswa kurang mampu dan warga sekitar sekolah di bulan ramadhan. Pemberian paket sembako tersebut dilakukan secara langsung oleh Kepala SMAN 6 Pekanbaru,” ungkapnya. 

Bunda Zurina menjelaskan, untuk dana yang disumbangkan adalah hasil infak dari guru-guru, siswa dan Kepala Sekolah serta sumbangan dari alumni yang terbentuk dalam Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKBAL) SMAN 4/6 Pekanbaru. Ia juga mengucapan terima kasih kepada IKBAL SMAN 4/6 Pekanbaru atas partisipasi nya.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan lancar, saya juga ingin menyampaikan terimakasih atas sedekah yang sudah diberikan alumni SMAN 6 Pelanbaru yang terbentuk dalam IKBAL SMAN 4/6 Pekanbaru. Semoga Allah membalas dengan pahala yang setimpal Aamiin,” ucap Bunda Zurina.

Disampaikannya, tujuannya dari kegiatan ini sebagai kepedulian sekolah untuk berbagi kebahagiaan dan kasih sayang untuk siswa yang tak mampu, khususnya di bulan Ramadhan ini.

“Kita mememinta kepada siswa yang menerima bantuan agar tidak melihat besar-kecilnya bantuan, melainkan dilihat sebagai rasa kepedulian. Saya berharap para siswa yang menerima bantuan dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Sementara Wakil Kesiswaan SMAN 6 Pekanbaru, Nunung Supiarti S.Pd menjelaskan, untuk sumber dana kegiatan berasal dari sumbangan warga sekolah yakni guru-guru dan peserta didik SMAN 6 Pekanbaru dan alumni (IKBAL SMAN 4/6 Pekanbaru).

“Indahnya berbagi dan peduli mengandung makna bahwa dalam kehidupan hendaknya kita saling berbagi dan peduli dengan dan kepada orang lain. Berbagi itu membuatnya bahagia dan merasa lega,” jelasnya

Nunung berharap, bantuan ini dapat meringankan beban siswa dan masyarakat yang menerima bantuan. “Ini merupakan kepedulian dari kami dan ini menanamkan kepada siswa bahwa indahnya hidup saling berbagi. Kita hidup bukan hanya untuk diri sendiri, kita hidup untuk orang lain, terutama di bulan baik ini yakni bulan ramadhan,” tuturnya. (ade)  ( Bingkai Riau.com)