Selasa, 29 November 2022
Sekolah Menengah Atas

Muhammadiyah Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta


Muhammadiyah merupakan organisasi masyarakat yang terbesar di Indonesia. Organisasi yang bergerak dalam dunia pendidikan dan kemanusiaan ini memiliki struktur organisasi yang selalu berganti di setiap periode kepengurusannya. Pergantian pengurus ini dilaksanakan dalam bentuk muktamar. Muktamar adalah permusyawaratan tertinggi di Muhammadiyah. Selain momen regenerasi, Muktamar adalah momen silaturahmi dan kolaborasi warga persyarikatan. Muktamar diikuti oleh ribuan orang perwakilan wilayah dan daerah Muhammadiyah, juga dimeriahkan oleh warga Muhammadiyah se-Indonesia bahkan Dunia.
Tahun ini kegiatan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah akan dilaksanakan di Surakarta pada 18-20 November 2022 M bertepatan pada 23-25 Rabiulakhir 1444 H. Sebagai sekolah yang berada di bawah naungan yayasan Muhammadiyah, maka SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tidak mau ketinggalan akan turut serta memerihkan kegiatan muktamar tersebut.
Dalam kegiatan muktamar, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengirimkan 61 peserta didik yang tergabung dalam kelompok paduan suara yang mengisi kegiatan pembukaan muktamar di stadion manahan. Selain itu, tim pendekar tapak suci juga tidak mau ketinggalan ikut serta tampil dengan jurus-jurusnya bergabung dengan perguruan tapak suci se jawa tengah.

Selama kegiatan muktamar, sekolah meniadakan kegiatan belajar mengajar. Karena kami berharap agar seluruh warga sekolah turut serta menikmati kemeriahan muktamar yang dilaksanakan 5 tahun sekali ini.
Selain karena itu, ditiadakannya Kegiatan belajar mengajar ini juga karena ruang kelas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta disiapkan untuk menjadi tempat penginapan para muktamirin penggembira.
Dalam hal ini, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menerima tamu dari Pekan Baru dan Sulawesi Tenggara yang diagendakan kurang lebih sekitar 190 muktamirin peserta dan penggembira.
Badan Usaha Milik Sekolah (BUMS) juga turut mengambil bagian dengan menyediakan oleh-oleh khas solo. Dan ternyata memang diminati para muktamirin penggembira yang menginap di sekolah kami.
Alhamdulillah muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah di solo ini bisa berjalan dengan lancar, para muktamirin yang menginap di sekolah kami juga merasa nyaman. Meskipun kegiatan Muktamar telah berakhir, dan para muktamirin yang menginap di sekolah kami juga sudah pulang, semoga hal ini tidak memutus tali silaturahim diantara kita semuanya. Dan semoga suatu saat nanti bisa dipertemukan kembali dalam suasana yang berbeda namun lebih baik.
Selamat kepada Bapak Haidar Nashir Yang terpilih menjadi ketua PP Muhammadiyah dan Bapak Abdul Mu’ti Sebagai sekretarisnya. Dan selamat juga kepada ibu Salmah Orbayinah Yang menjadi ketua Aisyiyah dan ibu Tri Hastuti Nur Rochimah Sebagai sekretarisnya. Semoga amanah dalam menjalankan tugasnya dan bisa membawa Muhammadiyah dan Aisyiyah menjadi organisasi yang terbesar dan mencerahkan alam semesta.