Rabu, 07 Desember 2022
Sekolah Menengah Atas

MAN 1 GRESIK RAIH JUARA 1 BATTLE ROBOTIC DALAM AJANG MADRASAH ROBOTIC COMPETITION 2022 TINGKAT NASIONAL

MAN 1 GRESIK RAIH JUARA 1 BATTLE ROBOTIC DALAM AJANG MADRASAH ROBOTIC COMPETITION 2022 TINGKAT NASIONAL

MAN 1 GRESIK RAIH JUARA 1 BATTLE ROBOTIC DALAM AJANG MADRASAH ROBOTIC COMPETITION 2022 TINGKAT NASIONAL

Torehan prestasi kembali diraih oleh MAN 1 Gresik. Setelah berhasil meraih berbagai prestasi dalam bidang akademik, kini dua siswa MAN 1 Gresik berhasil meraih prestasi dalam bidang robotik. Dua siswa MAN 1 Gresik yaitu Muhammad Anisul Fikri siswa kelas XII MIPA 2 dan Eka Firdatul Fauziyah siswa kelas XII MIPA 3 berhasil menjadi juara 1 kategori Battle dalam ajang Madrasah Robotic Competition 2022.

Madrasah Robotic Competition (MRC) 2022 tahun ini mengangkat tema “The next Generation of Robots : Making Batter Life” . Kegiatan MRC 2022 merupakan ajang perlombaan Robotik yang setiap tahun di selenggarakan oleh Direktur KSKK Kementerian Agama RI mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Pada tahun ini, katagori yang yang dilombakan yaitu Robot Inovatif dan Battle Robot. Kegiatan perlombaan di mulai pada tanggal 28-29 Oktober 2022 secara daring. Untuk katagori Battle Robot jenjang MA pada seleksi secara online diikuti 594 tim di seluruh Indonesia. Dari 594 tim, diseleksi lagi menjadi 180 tim. Berikutnya dari 180 tim, diambillah 30 tim terbaik yang berhak tampil di babak grand final yang diselenggarakan di GOR Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 22-23 November 2022.

Pada babak final Battle robotic, sesuai undian yang dilakukan oleh panitia, MAN 1 Gresik harus beraliansi dengan MAN 2 Kota Malang. Nilai yang dikumpulkan berdasarkan akumulasi kedua tim yang beraliansi. Pada babak aliansi ini kedua tim memainkan dua permainan yakni permainan kuning dan permainan hijau. Pada permainan hijau MAN 1 Gresik meraih skor 290. Sedangkan pada kategori permainan kuning berhasil meraih total 200. Jadi total nilai yang dikumpulkan MAN 1 Gresik mecapai 490 dan menduduki peringkat teratas pada kategori Battle Robotic .

Menurut Eka Faridatul Fauziyah anggota Tim Robotik MAN 1 Gresik yang berhasil meraih juara 1 menuturkan bahwa dirinya dan Muhammad Anisul Fikri melakukan persiapan lebih kurang selama 3 minggu. Selama 3 minggu banyak hal yang mereka siapkan. Terutama karena perlombaan robotic tahun ini adalah lomba robot mobile battle, maka mereka harus menyiapkan robot seprima mungkin agar pada saat pertarungan tidak ada komponen yang mengalami error . selain itu menurutnya persiapan mental dalam menghadapi grand final merupakan hal yang penting dan perlu persiapan ekstra. atas keberhasilan Tim Robotic MAN 1 Gresik tersebut, siswa yang berasal dari Driyorejo itu berharap prestasi ekstrakurikuler robotic terus meningkat tiap tahunnya, dan jumlah peserta ekstrakurikuler tersebut terus meningkat.

Dihubungi secara terpisah, Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan ucapan selamat kepada tim Robotic MAN 1 Gresik. Menurutnya, keberhasilan Tim Robotic MAN 1 Gresik merupakan jerih payah seluruh stakeholder MAN 1 Gresik yang tiada kenal henti mendukung kesuksesan MAN 1 Gresik dalam berbagai hal. Terutama dalam berbagai kompetisi yang diikuti oleh MAN 1 Gresik. MRC 2022 ini merupakan ajang ketiga yang diikuti oleh MAN 1 Gresik. Kalau dilihat berdasarkan hasil, pada tahun ini MAN 1 Gresik mengalami peningkatan yang signifikan. Dua tahun lahu atau tepatnya 2020 MAN 1 Gresik meraih juara harapan 1, sedangkan tahun ini berhasil meraih juara 1. Tentu ini peningkatan positif yang cukup signifikan. Kepala madrasah yang telah memimpin selama 9 bulan di MAN 1 Gresik tersebut berharap prestasi ini terus ditingkatkan.

Atas keberhasilan tersebut, Tim Robotik MAN 1 Gresik berhak membawa pulang medali emas, sertifikat juara, serta uang pembinaan sejumlah Rp 10.000.000. Selain itu MAN 1 Gresik berhak membawa pulang Robotik Kit yang diperuntukkan untuk dua siswa MAN 1 Gresik.

Dalam MRC 2022, selain berkompetisi dalam bidang robotic, para finalis dan pengunjung juga mendapatkan kesempatan workshop atau talkshow singkat. Selain dalam ajang MRC para finalis disuguhi pameran dari sejumlah perusahaan dan distributor yang bergerak di bidang robotika, seperti Festo, Inspira Academy, Asperio, dan lain-lain.

“Di acara workshop tersebut, setiap peserta dan pengunjung mendapatkan tambahan pengetahuan tentang keilmuan robotika serta doorprize-doorprize dari perusahaan dan distributor yang mendukung jalannya MRC 2022.