Rabu, 07 Desember 2022
Sekolah Menengah Pertama

Pelatihan PKB MGMP Matematika Jember Jawa Timur Tahun 2022

Pelatihan PKB MGMP Matematika Jember Jawa Timur Tahun 2022

Kamis, 24 November 2022. MGMP Matematika Se-KKM MTs Negeri 7 Jember mengadakan pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Program pelatihan ini Adalah proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru baik pedagogik maupun profesional dalam melaksanakan tugas profesinya, serta memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya. Program PKB ini sangat penting karena dapat mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang bersangkutan.

Moda Program PKB pada MGMP Matematika KKM MTs Negeri 7 Jember menggunakan Kombinasi yaitu model pembelajaran bagi guru yang dilakukan secara daring dan tatap muka dengan didampingi oleh mentor serta difasilitasi oleh pengampu. Kegiatan dilaksanakan selama 7 hari, dimulai Tanggal 14 November 2022 sampai dengan 24 November 2022.

Pada tanggal 14 dan 15 November 2022 kegiatan PKB dilaksanakan di MTs Zainul Hasan Balung (In Service Learning). Pemateri pada pelatihan PKB ini adalah Ibu Nur Alfiah, S.Pd., M.Pd sebagai pemateri pola bilangan dan Ibu Ummi Royhana, S.Pd., M.Pd. sebagai pemateri Relasi dan Fungsi. Pada tanggal 16 s.d 19 November 2022 dilaksanakan di madrasah masing-masing (On service learning), peserta pelatihan mempraktikkan pembelajaran sesuai dengan materi pelatihan. Pada tanggal 24 November 2022, pelatihan PKB dilaksanakan di MTs Negeri 7 Jember kegiatan ini berisi mengenai refleksi terhadap pembelajaran yang telah dipraktikan. Refleksi dilakukan untuk membagikan hambatan dan kesulitan yang dilalui peserta.

Pada tanggal 24 November 2022 dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Bapak Muhammad, S.Sos., M.Pd.I. dan Kasi Pendma Bapak Faisal Abrari, M.Pd.I. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Bapak Masruhik selaku Pembawa Acara. Kemudiam dilanjutkan dengan qiraat oleh Siswa MTs Zainul Hasan, kemudian sholawat Nabi oleh Siswa. Dan dilanjutkan dengan Pembinaan Bapak Muhammad., S.Sos., M.Pd.I mengenai Kebijakan Kementerian Agama. Dan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Bapak Faisal Abrari., M.Pd.I. mengenai pelaksanaan program MGMP. Beliau menyampaikan mengenai pelaksanaan program kerja MGMP yang sebaiknya dilakukan secara rutin agar program kerja ini menghasilkan produk yang dapat membantu setiap madrasah dalam menyampaikam pembelajaran yang menarik bagi siswa.

Kegiatan ditutup dengan doa. Panitia berharap dengan adanya program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini dapat membantu tenaga pendidik dalam melakukan inovasi dan menambah wawasan bagi guru.

@olik