Minggu, 27 November 2022
Perguruan Tinggi

Anugerah Media Humas 2022 Fokus pada Tema G20

Anugerah Media Humas 2022 Fokus pada Tema G20

Humas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengikuti malam penganugerahan Anugerah Media Humas (AMH) 2022. Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada humas khususnya terhadap komunikasi publik secara spesifik khususnya dengan tema perhelatan Presidensi G20.

Usman Kansong Direktur IKP Kominfo menyampaikan laporan kegiatan AMH 2022 dengan berbagai kegiatan yang telah dilewati dan puncaknya pada malam hari ini. “Ada kategori khusus yaitu penyuluh komunikasi publik di daerah 3T,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri.

Kategori yang dilombakan di antaranya siaran pers, website, kampanye komunikasi publik, audiovisual, majalah internal dan media sosial.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate dalam sambutannya menyampaikan informasi yang akurat merupakan kunci menjadi kunci dalam menghadapi krisis. “Peran Government Public Relation memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Peran utamanya yaitu sebagai jembatan komunikasi bagi masyarakat. Humas juga harus dapat menampung aspirasi publik dan mempertahankan image pemerintah. “Humas juga harus mampu mengedukasi dan mengerahkan masyarakat untuk memilih sumber informasi yang kredibel,” imbuhnya.

Kehumasan yang berkaitan dengan manusia berdasarkan pengalaman humanis menjadi faktor penting dalam keberhasilan humas pemerintah.(AAP/VDF)