Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

PLTS TERAPUNG G20 BALI DIBANGUN ALUMNI UIN SUSKA RIAU

PLTS TERAPUNG G20 BALI DIBANGUN ALUMNI UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id Pembangunan PLTS Terapung yang langsung dikunjungi Presiden RI Joko Widodo saat pergelaran akbar G20 di Bali membuktikan besarnya kontribusi alumni Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) terhadap energi terbarukan yang menjadi atensi dunia internasional. Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag dalam banyak kesempatan terutama saat sambutan Acara Wisuda secara tegas menyampaikan bahwa

energi terbarukan berbasis tenaga surya (solar system), konservasi energi, dan sistem tenaga listrik menjadi peluang emas bagi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau khususnya oleh alumni Program Studi Teknik Elektro (TE). Hal ini dibuktikan dengan keterlibatan Sdr Faisal Rahman dan Fitra Hendrayani dalam pembangunan PLTS terapung pertama di Bali, tepatnya di Waduk Muara Tukad.

Dr. Kunaifi,ST PgDipEnst, M.Sc., sebagai pembimbing kedua alumni tersebut dan juga menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FST UIN Suska Riau, menjelaskan bahwa

“PLTS 100 kWp yang dibangun oleh Alumni UIN Suska Riau ini sangat spesial karena digunakan untuk promosi oleh pemerintah Indonesia kepada dunia saat G20 Denpasar Bali”.

Menurutnya, G20 yang menjadi organisasi elit 20 negara yang menguasai 80% ekonomi dunia menjadi suatu kehormatan bagi pemerintah Indonesia.

“Energi terbarukan adalah salah satu isu utama dalam pergelaran G20 Denpasar, 15 November 2022, dan melalui PLN Indonesia Power, Pembangunan PLTS 100 kWP yang melibatkan dua alumni TE ini menunjukkan komitmen Indonesia pada energi terbarukan”  tegas Kunaifi.

Yang lebih membanggakan lagi, Sdr. Faisal Rahman dan Pitra Hendrayani yang merupakan putra jati Riau mengatakan bahwa

“Proses pembangunan PLTS G20 Bali yang menjadi kebanggaan alumni dan keluarga besar UIN Suska Riau dimulai dari proses tender, perencanaan, perancangan, konstruksi, sampai komisioning, sementara untuk proses kontruksi hingga COD berlangsung selama September 2022”.

Rektor UIN Suska Riau juga menjelaskan bahwa

“Prodi TE FST UIN Suska Riau adalah Prodi S1 pertama di Indonesia yang membuka konsentrasi energi dengan fokus pada energi terbarukan, konservasi energi, dan sistem tenaga listrik”.

Lebih lanjut, Kunaifi yang merupakan seorang DR. alumni Twente University, Belanda merilis data bahwa berdasarkan

“beberapa hasil survei internal pada 2021, sekitar 52% PLTS atap di seluruh Indonesia dibangun dengan keteribatan alumni TE, dan ini tentu menjadi sebuah prestasi yang luar biasa bagi alumni maupun keluarga besar UIN Suska Riau”.

Tidak bisa dipungkiri bahwa, konsentrasi energi di Prodi TE FST UIN Suska Riau semakin kuat dengan dukungan SDM dosen yang mumpuni dibidangnya, ditambah lagi dengan peralatan laboratorium canggih dan terkini.

“Kedepan, laboratorium PLTS yang saat ini telah dipasang di Gedung Labor Integrasi UIN Suska Riau akan terus di-ugrade (rekalibrasi) sehingga dapat lebih dimanfaatkan bagi mahasiswa untuk praktikum hingga untuk kegiatan pelatihan maupun tujuan penelitian para akademisi UIN Suska Raiu”  pungkas Rektor.

Penulis : Muhammad Absor