Rabu, 07 Desember 2022
Sekolah Menengah Kejuruan

Hari Guru Mengharu Biru di SMKN 2 Kalianda

Hari Guru Mengharu Biru di SMKN 2 Kalianda

Kalianda, 25/11/2022 – Berbicara tentang pendidikan tentu tak akan lepas dari figur seorang guru. Ya, guru adalah ujung tombak pendidikan.

Di Indonesia, peringatan hari guru jatuh pada tanggal 25 November setiap tahunnya. Biasanya, sekolah-sekolah akan mengadakan peringatan untuk menyambut momentum spesial ini, begitu pula dengan SMKN 2 Kalianda.

Dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional, SMKN 2 Kalianda mengadakan upacara bendera pada hari Jum’at, 25 November 2022 dengan petugas upacara dari dewan guru.

Lokasi upacara di lapangan SMKN 2 Kalianda, selaku pembina upacara adalah kepala sekolah Nyoman Mister, M.Pd. Dalam upacara ini, petugas upacara juga membacakan kode etik guru untuk mengingatkan kembali tentang semangat mengabdi pada jiwa seorang guru.

Di dalam amanatnya, pembina upacara membacakan surat sambutan mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim. Sebagai tambahan pribadi, beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih bagi seluruh guru atas pengabdian yang telah dilakukan selama ini.

Ada satu momen yang menjadi fokus dalam acara ini. Yaitu momen pemberian bunga dari para siswa kepada dewan guru. Dengan lagu “Hymne Guru” dan “Terimakasihku” mengiringi prosesi ini menambah rasa haru yang memicu tetesan air mata dari siswa dan guru.

Momen ini tidak hanya prosesi simbolis semata, namun ada makna yang dalam padanya. Yakni : bentuk terimakasih seorang murid kepada guru dan permohonan maaf serta pengakuan atas segala kesalahannya terhadap sang guru.

Acara ditutup dengan foto bersama antara siswa dan dewan guru dan pembagian bibit pohon dari ekstrakurikuler Sispala SDAKA binaan bapak Gani San Cahyo, S.Kom.

(Editorial HUMAS SMKN2KDLD : Dr. Feriyansyah, M.Pd)