Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Keren, Marching Band SMPN 1 Purworejo Sabet Juara 1 di 8 Kategori Piala Raja

<strong>Keren, Marching Band SMPN 1 Purworejo Sabet Juara 1 di 8 Kategori Piala Raja</strong>

PURWOREJO, Kejuaraan Nasional Marching Band (MB) Piala Raja Hamengkubuwono X yang digelar di Yogyakarta pada Sabtu dan Minggu (22-23/10) mengantarkan MB Gita Bahana SMPN 1 (Spensa) Purworejo tampil menjadi juara umum. Itu karena tim MB Spensa berhasil menyabet juara 1 dari delapan kategori yang dilombakan.

Tak pelak, tim MB Gita Bahana berhasil memborong sembilan piala sekaligus yang kemudian dipajang di ruang Kepala sekolah Tuwuh Sutrisno. Saat ditemui media pada Senin (24/10) kepala sekolah yang baru menjabat dua bulan itu pun mengungkapkan rasa syukurnya.

Tuwuh menjelaskan bahwa tim MB Gita Bahana menjalani latihan dalam jangka waktu yang terbilang singkat. “Seleksi dilakukan bulan Januari. Latihan baru mulai akhir bulan Februari. Intens dilakukan akhir-akhir ini sampai malam hari juga latihan, kan (siang) sering hujan,” kata Tuwuh.

Diakuinya, prestasi prestisius tersebut tidak mudah diraih. Selain menjalani latihan yang intens, sekolah pun belum memiliki alat musik sendiri seperti marimba yang terpaksa sewa dari sekolah lain. Alat musik seperti angklung itu harganya memang mahal, mencapai sekitar Rp 350 juta.

Kepala Spensa Tuwuh Sutrisno bersama 9 Piala Raja

Untuk menutup biaya operasional pun setiap anggita MB yang berjumlah 84 anak harus merogoh uang pribadi senilai Rp 300 ribu per anak. Belum lagi enam mayoret yang membiayai sendiri kostum mereka.

Dengan kemenangan mutlak dan menjadi juara umum pada event nasional bergengsi tersebut, selaku kepala sekolah Tuwuh bertekad untuk kembali mengikuti ajang serupa tahun depan.
Kali ini (ditambah) kategori Display.

Tapi dengan catatan sekolah harus punya marimba sendiri, bukan sewa. ‘Yang penting punya alat dulu,” kata Tuwuh. Untuk itu pihaknya bermaksud meminta bantuan Bupati Purworejo agar dapat memfasilitasi.

Hal itu menurut Tuwuh wajar karena Spensa bisa membawa harum Purworejo melalui ajang yang diselenggarakan oleh KONI DIY tersebut. Dijelaskan bawa Spensa dua kali mengikuti lomba Piala Raja. Sebelumnya menjadi juara umum 2.

“Rivalnya cukup berat, dari MA Islamic Cirebon. Pesertanya juga dari berbagai daerah termasuk Samarinda dan Banjarmasin. Pelatihnya pun alumni SMP 1 yang juga melatih MB UNY,” tandas Tuwuh.

Sabet 4 Juara 1 kategori konser senior

Berikut hasil Kejuaraan Nasional Marching Band Piala Raja Hamengkubuwono X Tahun 2022 yang diraih MB Gita Bahana Spensa :

Kejuaraan Street Parade Senior di Jalan Malioboro, Sabtu (22/10)
1) Juara I Street Parade Klasemen Senior
2) Juara I Marching Performance
3) Juara I Kostum Nusantara
4) Juara I Mayoret

Kejuaraan Konser Senior di GOR Amongrogo, Minggu (23/10)
1). Juara I Konser Klasemen Senior
2) Juara I Colour Guard
3) Juara I Artistry
4) Juara I Music Overall
5) Juara Terbaik Field Commander. (Dia)

Sumber : https://purworejonews.com/keren-marching-band-smpn-1-purworejo-sabet-juara-1-di-8-kategori-piala-raja/