Rabu, 07 Desember 2022
Sekolah Menengah Pertama

BASKET PRADNYA SIWI JUARA KEMBALI

BASKET PRADNYA SIWI JUARA KEMBALI

“SETELAH OOSN SMP NEGERI 4 PAKEM KEMBALI SANDINGKAN MAHKOTA WARGA BASKETBALL COMPETITION 2022”

Untuk ke sekian kalinya kembali tim bola basket SMP Negeri 4 Pakem berhasil sandingkan mahkota juara dikejuaraan bola basket antar SMP. Setelah sebelumnya pada medio Oktober 2022 lalu mewakili korwil Sleman Utara menjuarai Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (OOSN) tingkat kabupaten Sleman, kali ini tim bola basket SMP Negeri 4 Pakem berhasil menjadi yang terbaik pada kejuaraan bola basket di kota Surakarta. Dalam turnamen bertajuk Warga Basketball Competition 2022 yang dihelat oleh SMA Warga Surakarta tim menjadi yang terbaik.

Perjalanan tim basket putra maupun putri untuk menjadi yang terbaik tidak mudah. Pada fase penyisihan grup tim putri tergabung pada grup kuat beranggotakan sang jawara tahun sebelumnya SMP Bintang Laut dan SMP Regina Pacis. Sementara tim putra Pradnya Siwi tergabung pada grup yang tidak kalah mengerikan yang beranggotakan tim tuan rumah yaitu SMP Warga dan SMP Negeri 2 Jatiroto. Mengawali kiprahnya, The North Knight Boys demikian julukan bagi tim bola basket SMP Negeri 4 Pakem berlaga pada hari Sabtu, 19 November melawan jagoan tuan rumah yaitu SMP Warga. Bermain taktis dan penuh percaya diri Gilang dan kawan-kawan berhasil menang 24 – 18. Sementara tim North Knight Ladies mengatasi perlawanan dari jawara tahun sebelumnya yaitu SMP Bintang Laut Surakarta dengan skor 27 – 18. Selanjutnya pada hari Ahad, 20 November 2022 SMP Regina Pacis masih belum mampu membendung tim putri SMP Negeri 4 Pakem, Sarah dan kawan-kawan melibas lawannya itu dengan skor meyakinkan yaitu 27 – 3 sementara tim putra berhasil menaklukkan jagoan dari Wonogiri yaitu SMP Negeri 2 Jatiroto dengan skor 21 – 9.

Hasil babak fase grup mengantarkan kedua tim melangkah ke fase berikutnya. Hari Selasa, 22 November 2022 salah satu tim terkuat di kota Surakarta yaitu tim putra SMP Regina Pacis sudah menunggu. Tetapi tim SMP Negeri 4 Pakem yang masih terlalu kuat dan membuktikan bahwa  SMP Negeri 4 Pakem memang lebih baik dengan skor akhir 31 – 12. Pada babak selanjutnya yaitu semifinal terjadi pertemuan dua tim dari Daerah Istimewa Yogyakarta untuk tim putri yaitu SMP Negeri 4 Pakem melawan SMP Budi Utama. Pada pertemuan ini SMP Negeri 4 Pakem mengkandaskan perlawanan SMP Budi Utama dengan skor 30 – 21. Sementara tim putra SMP Negeri 4 Pakem menuntaskan perlawanan SMP Kalam Kudus denganm skor 39 – 13.

Saat tim basket beraksi menglahkan lawannya, dribel yang lengket dan kecepatan kelincahan serta ketepatan tembakan pemain menjadi kunci utama sehingga berhasil meraih double winner. /Foto Warga Basketball Tournament

Saat tim basket beraksi menglahkan lawannya, dribel yang lengket dan kecepatan kelincahan serta ketepatan tembakan pemain menjadi kunci utama sehingga berhasil meraih double winner. /Foto Warga Basketball Tournament

Pada babak penentuan juara, baik tim putra maupun putri berhadapan degan sekolah yang sama yaitu salah satu sekolah dengan pembinaan basket terbaik di kota Surakarta yaitu SMP Bintang Laut. The North Knight Ladies nampak lebih siap dan bermental juara. Skor akhir babak final adalah  mutlak kemenangan untuk SMP Negeri 4 Pakem 31 – 10. Sementara pada pertandingan final berikutnya The North Knight Boys memporakporandakan pertahanan SMP Bintang Laut dan menjadi kampiun dengan skor akhir 34 – 27. Dengan hasil babak final tersebut maka double winner resmi disandang tim basket SMP  Negeri 4 Pakem.

Seusai membawa anak didiknya menjadi jawara, Fikri dan Zulfi selaku coach menyatakan bahwa latihan keras, kedisiplinan dan semangat pantang menyerah serta pemahaman terhadap instruksi yang diberikan menjadi senjata tim untuk memboyong mahkota kejuaraan Warga Basketball Competition 2022.

Di lain kesempatan, Ponidi, S.Pd. Kepala SMP Negeri 4 Pakem memberikan pesan bagi tim basket untuk tidak cepat puas terhadap pencapaian yang sudah diraih. Sekolah akan terus memberikan dukungan terhadap pengembangan bakat dan minat bagi seluruh peserta didik SMP Negeri 4 Pakem. Pembinaan khusus bagi tim basket di SMP Negeri 4 Pakem akan terus dilakukan. Ke depan Kepala Sekolah juga berharap supaya anggota tim basket SMP Negeri 4 Pakem semakin disiplin selain berlatih juga menaati peraturan sekolah dan terkhusus bagi yang kelas 9 menjadi yang terbaik dalam pelaksaan Asesmen Daerah tahun 2023.