Minggu, 27 November 2022
Sekolah Menengah Pertama

PERKUAT DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA, PRADNYASIWI KUNJUNGAN KE DPRD KAB. SLEMAN

PERKUAT DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA,  PRADNYASIWI KUNJUNGAN KE DPRD  KAB. SLEMAN

Foto :  Para siswa foto bersama Bapak Ibu Guru setelah selesai kunjungan P5 ke DPRD Sleman

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila disingkat P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar. Hal ini  bertujuan menguatkan berbagai kompetensi sehingga peserta didik  memiliki karakter yang sesuai profil pelajar Pancasila. Pelaksanaan P5 di SMP Negeri 4 Pakem tahun 2022 diterapkan di kelas 7 semester ganjil dengan mengusung tema gaya hidup berkelanjutan dan suara demokrasi. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah berkunjung berbagai tempat yang sesuai dengan tema masing-masing proyek. Kunjungan ini bertujuan agar peserta didik dapat langsung mengimplementasikan apa yang dipelajari dan pengalaman yang telah didapatkan selama mengikuti rangkaian kegiatan P5 di sekolah.

Kegiatan pada tema gaya hidup berkelanjutan yang diberikan judul kegiatan Pradnyasiwi “Waste Up!” melakukan kunjungan ke Desa Wisata Sukunan. Dengan kegiatan ini diharapan peserta didik memahami implementasi cara pengolahan sampah yang baik dan benar serta memahami pentingnya kegiatan pengolahan sampah agar lebih bermanfaat dan memiliki nilai tambah.

Foto : Para siswa foto bersama setelah selesai sesi P5 'Waste Up!'

Foto : Para siswa foto bersama setelah selesai sesi P5 ‘Waste Up!’

Pada saat kunjungan berlangsung peserta didik dibagi menjadi dua tim besar, tim pertama  mengolah sampah organik dan tim kedua  mengolah sampah anorganik. Pada saat mengolah organik, peserta didik memanfaatkan kulit telur untuk dijadikan hiasan yang memiliki nilai jual. Tim peserta didik yang mengolah sampah anorganik diajarkan  memanfaatkan sampah dari bungkus makanan, minuman menjadi kerajinan seperti tas, dompet, tempat pensil, dan bros. Sampah kantong plastik yang dimanfaatkan sebagai hiasan bunga dan kerajinan tangan lainnya. Tim pertama dan kedua akan saling bertukar kegiatan kembali jika kegiatan pengolahan sampah yang telah dilakukan selesai dan peserta didik kegiatan Pradnyasiwi Waste Up! mendapatkan banyak produk yang dihasilkan setelah melakukan kegiatan olah sampah secara bersama-sama.

Kegiatan pada tema suara demokrasi melakukan kunjungan ke Kantor DPRD Kabupaten Sleman dan Museum Ullen Sentalu, pada saat peserta didik berada di Kantor DPRD diharapkan mereka dapat mengetahui struktur keanggotaan DPRD, tugas-tugas anggota DPRD Kabupaten Sleman dan implementasi menyampaikan aspirasi. Penerimaan kunjungan tersebut dipimpin Bpk Muhammad Aji Wibowo, M.Si, selaku sekertaris dewan DPRD Kabupaten Sleman dan memberi pesan kepada peserta didik untuk dapat tergabung dan aktif dalam organisasi sejak dini.

Agenda kedua pada tema suara demokrasi adalah mengunjungi Museum Ullen Sentalu dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang nilai-nilai budaya lokal khususnya kebudayaan Jawa kepada peserta didik agar dapat mempertahankan nilai  budaya tersebut sesuai dengan demokrasi Pancasila.

Serangkaian kegiatan P5 di SMP Negeri 4 Pakem diharapkan dapat mengembangkan dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni 1) Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia; 2) Dimensi Berkebhinekaan Global; 3) Dimensi Bergotong Royong; 4) Dimensi Mandiri; 5) Dimensi Bernalar Kritis; dan 6) Dimensi Kreatif.