Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Tim FPIK Raih Silver Medal pada WSEEC

Tim FPIK Raih Silver Medal pada WSEEC

Mahasiswa UB kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Silver Medal mampu diraih oleh Tim FPIK UB dalam ajang kompetisi tingkat Internasional, World Science, Environment, and Engineering Competition (WSEEC) 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh International Young Scientist  Association (IYSA) pada tanggal 20 Juni -21 Juli 2022 secara daring.

Tim yang terdiri dari Rizky Pratama (BP/19), Tarisa Putri Lukiyanto (BP/19), Mayza Nur Sabila (BP/19), Reni Octavia (BP/19), dan Gaza Algazali Hakim (BP/19) ini membuat sebuah Inovasi yang bernama APT-TECH yang merupakan alat atau teknologi untuk tambak udang windu.

APT-Tech merupakan sebuah Inovasi teknologi berbasis IoT yang bermanfaat bagi petambak udang. Teknologi ini terkoneksi dengan perangkat, yang memiliki kegunaan untuk mendeteksi kadar amonia dalam tambak udang windu. Sehingga nantinya dalam budidaya udang windu dapat meminimalisir kadar amonia dalam tambak sehingga tidak lagi terjadinya kematian yang sangat fatal dan mencegah terserangnya patogen terhadap tubuh udang windu serta megalakkan kembali untuk berbudidaya udang windu.

Rizky Pratama, perwakilan dari Tim FPIK UB mengungkapkan perasaanya ketika meraih Silver Medal “Perasaan kami waktu mendapatkan Silver Medal dalam ajang ini sangat senang dan bangga karena bisa mendapatkan penghargaan tersebut” ungkapnya.

Dia juga mengatakan bahwa untuk mengikuti ajang ini mereka diberi waktu untuk menyiapkan sebuah Inovasi selama sekitar 2-3 bulan. Dan mereka dibina oleh dosen fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yaitu Dr. Ir. Yahya, MP.

“Kendala kami kalau untuk program APT-TECH ini yaitu tentang pemasaran ke pembudidaya dan kerja sama institusi karena harus menyakinkan bahwa program kami ini berhasil”, pungkasnya.