Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Kirim 17 Relawan Untuk Salurkan Bantuan, Rektor UM: Relawan Harus Kuatkan Tenaga dan Mental

image_pdf

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang (LP2M UM)  berangkatkan 17 relawan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat untuk salurkan bantuan kepada para korban bencana gempabumi. Relawan berasal dari berbagai unsur di UM, yaitu dari Tim Reaksi Cepat Cakrawala UM (TRCC UM), Subbagian Rumah Tangga UM, dokter dari Poliklinik UM, serta para mahasiswa dan dosen dari Fakultas Psikologi. Pelepasan dilakukan di belakang Gedung Graha Rektorat pada Jumat (25/11) oleh Rektor UM, Ketua LP2M, dan Dekan Fakultas Psikologi UM.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., mewakili pimpinan UM haturkan rasa syukurnya kepada seluruh relawan yang akan berangkat. Beliau sampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas waktu dan tenaga yang akan dikerahkan, mewakili UM untuk membantu dan menyalurkan bantuan untuk para korban di sana.

“Pesan saya, yang berangkat ke lapangan jaga kesehatan. Kuatkan tenaga dan mental. Jangan sampai kita niat membantu, justru menjadi yang dibantu,” pesan Rektor UM.

Prof. Hariyono berharap para relawan, khususnya para mahasiswa dapat menjadikan pengalaman ini sebagai pengalaman hidup yang berharga. Bersama Ketua LP2M dan seluruh unsur yang terlibat, para relawan akan terus dipantau dan dibantu secara daring.

Para relawan akan dibagi menjadi dua tim yang akan menempati dua posko UM, bertempat di Desa Sarampad dan Desa Sawah Gede, Kabupaten Cianjur. Total Donasi UM senilai Rp.100.150.000, dengan Rp.75.000.000 telah ditransfer dan sisanya akan disampaikan berupa barang dan keperluan lainnya.

“Mungkin memang jumlah material kita terbatas jika dibandingkan dengan lembaga lain. Bantuan yang akan diberikan tidak semata-mata bantuan material, namun juga bantuan secara fisik dan mental di sana. Ini adalah bentuk kepedulian UM terhadap para korban yang terdampak di sana,” jelas Prof. Hariyono.

Rektor UM tegaskan kepada para relawan untuk tetap menjaga sikap dan menjalin hubungan baik dengan relawan dari instansi lain. Beliau berharap seluruh relawan dari berbagai institusi dapat saling membantu dan bekerja sama agar bantuan dapat tersalurkan dengan maksimal

Sebelum para relawan berangkat, Prof. Hariyono kembali pesankan para relawan untuk selalu berhati-hati di lokasi bencana.

“Sekarang teman-teman berangkat dalam keadaan sehat, semoga ketika pulang juga dalam keadaan sehat dan selamat,” pungkas Rektor UM.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM