Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Jurusan Kimia FMIPA Unimed Gelar Seminar “Inovasi Pembelajaran dan Penelitian Kimia dalam Implementasi Merdeka Belajar”

Jurusan Kimia FMIPA Unimed Gelar Seminar “Inovasi Pembelajaran dan Penelitian Kimia dalam Implementasi Merdeka Belajar”

Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan menggelar Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan 2022. Melalui Aplikasi Zoom Meeting Sabtu (26/11). Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik FMIPA Unimed Dr. Jamalum Purba, M.Si . Dan dihadiri 180 peserta terdiri dari Wakil Dekan, Ketua Jurusan Kimia, Dosen, Pemakalah, Guru, Mahasiswa dan mitra jurusan Kimia dilingkungan FMIPA Unimed dan Praktisi dalam bidang kimia dari berbagai Instansi di Indonesia.

Seminar nasional ini mengundang  4 Keynote Speaker yang berpengalaman dibidangnya yakni: Dr. Wiji, M.Si (UPI, Bandung), Nadhratun Nur, M.Si (Guru Kimia SMA Negeri 1 Sei Suka),Dr. Tina Dewi Rosahdi, S.Pd., M.Si (Dosen Kimia UIN Gunung Djati, Bandung), Dr. Tita Juwitaningsih, M.Si (Dosen Kimia Unimed) dan 3 Invited Speaker yaitu : Dr. Ir. Nurfajriani, M.Si (Dosen Kimia Unimed), Dr. Sri Mulyanti, M.Pd (Dosen Pendidikan Kimia UIN Walisongo, Semarang) dan  Leny Novita, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pendidikan Kimia, Universitas Sari Mutiara Indonesia).

Wakil Dekan I FMIPA Dr. Jamalum Purba, M.Si dalam sambutannya menyampaikan Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA  Unimed merupakan kegiatan rutin tahunan dan pada tahun 2022 ini adalah kegiatan Seminar yang ketiga. Seminar Nasional Jurusan Kimia tahun 2022 dengan tema Inovasi Pembelajaran dan Penelitian Kimia dalam Implementasi Merdeka Belajar. Pembelajaran di Kampus Merdeka memberi kesempatan dan tantangan  untuk mengembangkan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul.

Seminar ini diharapkan dapat sebagai media untuk berbagi informasi, pemikiran dan hasil penelitian. Hasil Seminar ini dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan pengembangan dan inovasi sehingga kompetensi lulusan sesuai dengan kriteria stakeholder serta sebagai bahan untuk menselaraskan dan melakukan inovasi pada  pembelajaran di Jurusan Kimia FMIPA Unimed” tutup Wakil Dekan I FMIPA

Dalam paparanya Dr. Wiji, M.Si menyampaikan bahwa Materi Subyek Kimia adalah Mempelajari struktur, sifat serta perubahan materu dan energy yang menyertai perubahan tersebut dan di bangun berdasarkan teori-teori kimia fisika, dikembangkan berdasarkan berbagai metode eksperomen kimia organic, kimia anorganik dan biokimia. Salah satu ide yang paling kuat dan produktif selama beberapa tahun terakhir dalam menyajikan materi subyek kimia  adalah pemaparan  secara multirepresentasi makroskopik dan simbolik.

Acara Seminar Nasional ini menampilkan sebanyak  80 pemakalah yang berasal dari Unimed, UIN Sunan Gunung Jati Bandung, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sari Mutiara, UPI Bandung, Universitas Lampung, UIN Raden Fatah Palembang, SMA Unggulan CTF, SMA N 2 Kota Pinang, SMA Laksamana Martadinata, SMA Negeri 1 Rundeng. (Humas Unimed/ms)