Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

LPPM UAD Gelar Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat

LPPM UAD Gelar Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat

Wakil Rektor Akademik UAD Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. (kiri) dan Ketua Panitia Penyelenggara Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum. (kanan) dalam Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat LPPM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Tsabita)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan Seminar Nasional Online Hasil Pengabdian kepada Masyarakat pada Sabtu, 26-11-2022. Kegiatan digelar secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung lewat kanal YouTube UAD.

Seminar nasional tersebut merupakan kegiatan yang rutin diadakan oleh LPPM UAD dan agenda hari ini menjadi kali kesepuluh terselenggaranya acara. Tema yang diusung adalah “Peran Perguruan Tinggi dalam Menjaga Sustainability Lingkungan Sosial dan Ekonomi dalam rangka Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat”.

Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum. selaku ketua panitia penyelenggara seminar dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengabdian masyarakat merupakan salah satu kewajiban dosen dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Oleh karena itu, UAD memberikan wadah kepada para dosen untuk menampilkan dan mempresentasikan hasil pengabdiannya selama ini,” jelas Rina.

Acara dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UAD Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. Ia kemudian menjelaskan bahwa kunci untuk pembangunan berkelanjutan adalah generasi masa kini dan masa depan. Ia juga menambahkan, “Sesuai dengan tema yang diusung, bahwa dalam melakukan pembangunan sosial dan ekonomi, kelestarian lingkungan harus tetap dijaga.”

Turut hadir sebagai keynote speaker dalam agenda ini yaitu Prof. Dr. Ir. Winarni Monoarfa, MS. selaku Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Sementara untuk plenary speaker, diisi oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Dr. Eng. Suhendra, S.T., M.Sc. Total peserta yang mengikuti seminar adalah 262 orang dan untuk jumlah pemakalah yaitu 232. Keduanya terdiri atas dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam pengabdian masyarakat. (tsa)

uad.ac.id