Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Farmasi UII Juara 1 Eurycoma 2022

Mahasiswa Farmasi UII Juara 1 Eurycoma 2022

Andika Wahyu Wardana, mahasiswa Program Studi Farmasi Program Sarjana, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil mendapatkan juara 1 dalam kategori Eurycoma National Essay Competition (Conect). Kompetisi ini sendiri diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur.

Lomba ini diselenggarakan dalam jaringan sejak pertengahan Oktober hingga final dilaksanakan pada 28 Oktober 2022. Andika dalam babak yang diikuti oleh finalis dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia tersebut membawa tema bertajuk SOBAT (Sahabat Obat): Aplikasi Efektif dalam Peningkatan Kepatuhan dan Kesadaran Pasien terhadap Obat di Era Masyarakat 5.0.

Inovasi SOBAT (Sahabat Obat): Aplikasi Efektif dalam Peningkatan Kepatuhan dan Kesadaran Pasien terhadap Obat di Era Masyarakat 5.0 menjadi upaya yang memiliki prospek tinggi dan kebermanfaatan dalam dunia farmasi. Aplikasi ini mampu mengurangi permasalahan terkait ketidakpatuhan pasien, resistensi antibiotik, dan kesalahan penggunaan obat sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Prestasi yang diraih lelaki yang juga sebagai runner up Mahasiswa Berprestasi UII 2022 ini membuktikan bahwa segala lini kehidupan termasuk dunia kefarmasian tidak mungkin lepas dari yang namanya digitalisasi. “Hal ini selaras dengan Rencana Strategis UII yang masih mengusung Digitalisasi Universitas dengan penekanan pada pelebatan buah.” Demikian pernyataan Shubhi Mahmashony Harimurti, S.S., M.A. yang menjadi pembimbing Andika dalam lomba tersebut.