Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SMK N 11 Semarang Selenggarakan PAS Berbasis Android

Pelaksanaan PAS Berbasis Android

Senin, 28 November 2022, SMK Negeri 11 Semarang menyelenggarakan penilaian akhir semester (PAS) semester ganjil. Sesuai informasi dari waka kurikulum, Guntur Darmawan, S.Pd., M.Kom, PAS ini akan berakhir 3 Desember 2022. PAS merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya sebagai bagian dari penilaian yang akan digabungkan dengan penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian portofolio, unjuk kerja dan berbagai tantangan yang diberikan kepada anak didik untuk diolah menjadi nilai yang akan dilaporkan kepada orang tua/wali murid melalui rapport.

Sudah beberapa tahun ini, PAS berbasis android dengan memanfaatkan google form untuk pemostingan soal. Namun ada hal yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, PAS berbasis android ini hanya berlaku untuk mata pelajaran umum atau normatif dan adaptif, sedangkan untuk mata pelajaran produktif di masing-masing jurusan diserahkan kewenangannya kepada jurusan.

Penilaian untuk mata pelajaran produktif dilakukan penilaian menggunakan portofolio dan unjuk kerja. Hal ini merupakan penilaian yang sangat sesuai dengan kurikulum merdeka, apalagi di SMK, kompetensi siswa dapat dilihat dari unjuk kerja maupun portofolio, yang relevan dengan keinginan industri.

Salah satu siswa, Isha Nalla menyampaikan bahwa dirinya senang dengan PAS kali ini, karena tidak terlalu terbebani, apalagi dirinya sedang mengikuti kegiatan magang. Siswa yang mengikuti magang, diwajibkan datang ke sekolah untuk mengikuti PAS, kecuali siswa yang magang di Jakarta dan Bali, mereka mengikuti PAS dari tempat magang. (Penulis: Diyarko)